Pemkot Metro Sosialisasikan KLA

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Dalam rangka mewujudkan Kota Layak Anak (KLA), Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2PAPP & KB) Kota Metro.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Pemda Kota Metro ini, merupakan bentuk dukungan terhadap Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, pada Nomor 2 Tahun 2009, tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Sebanyak 70 orang peserta, yang terdiri dari Anggota Fokorpimda, kepala SKPD se-Kota Metro, Ketua TP-PKK Kota Metro, Ketua GOW Kota Metro, Camat dan Lurah se-Kota Metro, serta Kepala Puskesamas Iringmulyo mengituti sosialisasi dengan narasumber dari P2TP2A Provinsi Lampung Heni Astuti.

Wakil Walikota Metro, Djohan Selasa (28/2) mengatakan bahwa Pemerintah Kota Metro memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini, dengan maksud agar pemerintah mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak, melalui komitmen antara pemerintah, masyarakat dan segenap dunia usaha yang nantinya secara bersama-sama menjamin terpenuhinya hak-hak anak, ujarnya.

Lanjutnya, setiap anak mempunyai hak untuk hidup, hak tumbuh dan berkembang serta berpartisipasi, sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, dengan memiliki akhlak yang mulia, kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritualnya, yang nantinya dapat berkembang dengan sempurna.

”Oleh karena itu, untuk menjamin terpenuhnya hak anak, maka diperlukannya upaya yang sungguh-sungguh dari kita semua. Mudah-mudahan Kota Metro dari adanya acara ini dapat menjadi lebih baik, karena anak adalah generasi penerus kita,” ujarnya.

Sebelum membuka acara ini, Djohan meminta kepada peserta sosialisasi untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Tanya kepada narasumber jika terdapat hal-hal yang kurang dimengerti, yang nantinya saudara-saudara sekalian dapat mensosialisasikan kepada rekan-rekannya, sehingga terciptanya pemahaman secara luas mengenai Kota Layak Anak,” tegasnya.

Kepala Dinas P2PAPP & KB Kota Metro drg. Erla Andrianti, melaporkan bahwa KLA ini sudah masuk ke dalam RPJM Kota Metro dimana 5 tahun kedepan tepatnya pada tahun 2021 sebagai indikator keberhasilan, Kota Metro harus menjadi Kota Layak Anak.

“Kita akan melakukan program tersebut secara bertahap, dan untuk tahun ini kami akan membentuk Kelurahan Layak Anak, yaitu di Kelurahan Iringmulyo, dan tahun kedepan kita lanjutkan ke kelurahan-kelurahan lain”, ujar Erla.(r3)

News Reporter