. . .

Pemkot Launching Gerakan Baubau Makesa

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BAUBAU – Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau berkolaborasi dengan komunitas Sukarelawan Hijau Baubau (SHB), Komunitas Bank Sampah (KBS), Forum Kota Sehat (FKS) dan instansi lainnya melaunching gerakan Baubau Makesa, belum lama ini.

Gerakan Baubau Makesa atau Mari Kelolah Sampah merupakan kegiatan dalam memperingati momen rangkaian hari jadi Kota Baubau ke-477 dan Hari Ulang Tahuh (HUT) ke-17 sebagai daerah otonomi. Dalam rangka mewujudkan Kota Baubau bebas dari sampah. Tidak hanya itu, peserta dalam kegiatan itu diikuti beberapa perwakilan dari SKPD se Kota Baubau.

Selain itu, ada juga instansi swasta yakni, bank, perhotelan, Komunitas Pemuda Kota Baubau, KBS dan sejumlah pelajar yang ada di Baubau. Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu, jalan santai sambil memungut sampah (plogging), pembacaan deklarasi dari SHB dan penandatanganan hasil deklarasi antara Wakil Wali Kota Baubau, perwakilan Bank dan Hotel.

“Harapannya dengan hadirnya program ini, mimpi dan cita-cita untuk mewujudkan Kota Baubau bebas sampah di tahun 2025 bukanlah hal sulit. Jika program ini dapat sampai pada tatanan masyarakat secara meluas terkait sistem pengelolaan sampah yang baik,” kata Yunan.

Olehnya itu, komunitas SHB akan terus bergerak pada setiap kebijakan positif pemerintah terkait program yang dapat memberikan dampak positif terkait masalah kebersihan kota. Tidak hanya itu, SHB senantiasa diapresiasi dari Pemkot mengingat setiap kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan selalu meluangkan waktunya untuk berpartisipasi.

“Untuk Pemerintah Kota Baubau terima kasih telah memberikan kami pemuda untuk turut andil dalam mengawal setiap program-program pro pada kita semua,” tutupnya.(m2)