Pemkot Imbau UMKM Lakukan Pinjaman Legal

0
767
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung mengimbau kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk melakukan pinjaman legal di bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

“Kita menghimbau agar pengusaha khsusnya UMKM untuk melakukan pinjaman di lembaga yang legal,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Girendra di Bandarlampung, Senin.

Dia mengatakan, jangan sampai melakukan pinjaman pada lembaga yang ilegal dengan bungan besar.

Sejauh ini pemkot telah menyarankan UMKM untuk melakukan pindajam di Bank Bukopin dan Bank Pasar milik Pemkot Bandarlampung.

“Kita arahkan para pengusaha menengah kebawah untuk meminjam keridit usaha yang legal,” kata dia.

Sebab perlu diketahui, bahwa pinjaman ilegal bisa memberatkan pengusaha dalam memulai usahanya, terlebih bunga yang ditawarkan sangat besar.

Sejauh ini pengawasan yang dilakukan yakni turun ke lapangan dan memberikan himbauan, terutama para pengusaha muda khususnya bidang kreatif.

“Pemerintah juga telah memberikan kemudaha bagi UMKM dalam mengambil pinjaman,” katanya.

Salah satunya ialah Kredit Usaha Rakyat (KUR) mempermudah akses permodalan UMKM karena sebagian agunan dijamin oleh Pemerintah.

Pada KUR ini 70 persen agunan dijamin oleh pemerintah, sedangkan nasabah cukup mengagunkan 30 persen dari total pinjaman saja.

Menuruntya, dengan adanya jaminan dari Pemerintah tersebut sangat memudahkan pelaku UMKM dalam mengajukan pinjaman ke bank untuk mengembangkan usahanya.

Namun, sejauh ini masih saja ada UMKM yang enggan melakukan pinjaman.(*)