Pemkot Belum Pastikan Rekrut PNS Tahun 2016

0
415
views
Pemerintah Kota Bandar Lampung ditahun 2016 belum dapat memastikan adanya pembukaan pendaftaran CPNS. Pasalnya sampai saat ini belum ada konfirmasi dari kemenpan terkait formasi CPNS.
Hal ini disampaikan kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bandar Lampung M. Umar. Menurutnya pemkot belum bisa memastikan CPNS tahun ini akan ada atau tidak. “Karena sampai sekarang belum ada kejelasan dari menpan, jadi kami tidak bisa memastikan,” kata Umar, Selasa (19/4).
Pihaknya masih menunggu pemberitahuan dari Menpan tentang kepastian kuota CPNS. “Sekarang hanya menunggu saja kepastian ada atau tidaknya CpNS tersebut. Sebenarnya jika memang ada keputusan sejak bulan Januari atau Februari tahun 2016 sudah ada
pemberitahuan. Namun sampai sekarang belum ada,” tambahnya.
Padahal pihak BKD sudah mengajukan persyaratan untuk mendapatkan kuota CPNS. “Adapun kriteria mendapatkan kuota CPNS yakni berdasarkan Analisis kebutuhan organisasi dan belanja pegawai kota Bandar lampung. Jika belanja pegawai diatas 50 persen maka kemungkinan akan kena moritorium,” ujar Umar.
Untuk pengajuan CPNS tidak ada kendala, namun sekaranb persoalannya yakni bagaimana kebijakan menpan menyikapi dengan tidak menghitungkan belanja pegawai daerah, sebab dikota Bandar Lampug banyak yang pensiun terutama guru-guru apalagi guru SD. Kalau untuk jumlah pensiun setiap tahunnya rata-rata hampir 300 orang lebih. “Pensiunan untuk tahun ini saja sangat banyak, hampir 300 lebih,” imbuhnya.
Pihak pemkot pada tahun sebelumnya tidak mendapatkan jatah CPNS lantaran dilihat dari belanja pegawai daerah yang sudah diatas 50 persen. “Kita berharap supaya pusat juga mempertimbangkan bukan hanya melihat belanja pegawainya melainkan kebutuhan organisasi, karena sudah banyak yg pensiun,” imbuhnya
Sedangkan untuk pengajuan Kuota CPNS pihak pemkot sudah membuat desain sampai lia tahun kedepan. “Selama tiga tahun kedepan kita membutuhkan sekitar 3000 pegawai, jadi jika diperhitungkan setiap tahun ada penambahan 700 pegawai PNS. Jumlah kni juga sudah dikurangi dengan junlah pensiun pegawai,” tutupnya. (jefri)

LEAVE A REPLY