. . .

Pemkot Bandarlampung Terima Bantuan 10 Unit Bus dari Kemenhub

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung menerima bantuan 10 unit bus dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Rencananya, bus berkapasitas sekitar 15 penumpang bediri dan 19 penumpang yang duduk itu akan mulai beroperasi mulai Januari 2019.

Menurut Walikota Bandarlampung Herman HN, bus itu nantinya akan beroperasi melayani penumpang umum dengan rute Panjang-Telukbetung-Rajabasa.

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak presiden dan Kemenhub atas bantuan bus ini, semoga bermanfaat bagi masyarakat Bandarlampung,” ujarnya, Senin (3/12/18).

Untuk tarif yang akan dikenakan kepada penumpang diupayakan semurah mungkin, agar tidak memberatkan masyarakat.

“Segera dibuatkan peraturan walikota (perwali), sebagai dasar pengenaan tarif bagi penumpang,” katanya.

Yang jelas, pemkot akan segera membahas tarifnya secepat mungkin.

“Saya pengennya gratis, tapikan nggak mungkin. Nanti kasian dengan angkot,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandarlampung, Ahmad Husna membeberkan, pihaknya saat ini akan mengecak dahulu kebutuhan operasional 10 bus ini, apakah dengan ongkos murah bisa memenuhi kebutuhan operasional 10 bus dengan trayek panjang.

Mengenai gaji sopir dan kondektur bus, rencananya akan di tanggung oleh Pemkot Bandarlampung. “Sopir san kondekturnya akan digaji melalui tenaga kontrak. Dan kita juga sedang menyusun draf, untuk sift sifan sopir dan kondektur yang akan menjalankan bus ini,” ujar dia.

Selain itu, sambung Husna, pihaknya akan kembali menghubungi pihak ketiga, guna memperbaiki halte-halte bus yang telah rusak,” Nanti kita perbaiki, ini kita sedang menghubungi pihak ketiga, ini semua agar penumpang bus ini bisa nyaman dalam menunggu bus,” imbuh dia.

Diketahui, dalam acara penyerahan bus bantuan tersebut walikota didampingi Sekda Badri Tamam, Kadishub Ahmad Husna, Kaban Pol PP Kabag Humas Suhardi, Kabag Protokol Adiansyah dan sejumlah pejabat lainnya. (jef)