Pemkot Bandarlampung Tambah Modal Bank Pasar

0
752
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung kembali akan menambahkan modal untuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bank Pasar. Hal itu menyusul setiap tahunnya perkembangan Bank Pasar maju pesat.

Menurut Walikota Bandarlampung Herman HN. Tahun ini pihaknya akan kembali menambahkan modal Bank Pasar sebesar Rp6,5 miliar. Dan rencananya tahun depan ditambah lagi menjadi Rp10 miliar.

“Iya kita tambah terus modalnya, biar semakin besar. Kalau Bank Pasar semakin besar, maka semakin besar juga keuntungannya yang didapatkan oleh Pemkot Bandarlampung, berarti PAD kita juga nambah dari Bank Pasar ini,” kata Herman HN saat ditemui usai melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Pasar, Minggu (26/2) di Kantor Bank Pasar.

Rencananya, sambung dia, Bank Pasar akan melebarkan sayapnya dengan membuka dua cabang yakni di Way Jepara dan satu lagi di Pesawaran. “Tahun ini target kita di Pesawaran akan mulai beroperasi,” ujar dia.

Orang nomor satu di Kota Tapis Berseri ini mengharapkan Bank Pasar bisa lebih meningkatkan kualitas. Sehingga ke depan bisa menjadi percontohan bagi daerah-daerah lainnya.

Selain itu, pihaknya juga berencana akan melakukan penambahan pegawai Bank Pasar. Tujuannya untuk meningkatkan nasabah dan pelayanannya. “Nanti akan kita tambah pegawainya, programnya juga akan kita tambah, jadi nanti ada petugas Bank Pasar yang siap menjemput nasabah,” beber dia.

“Saya meminta nasabah jangan ditolak bila hendak meminjam uang di Bank Pasar. Selama saya menjadi Walikota siap meminjamkan uang, untuk menyalurkan kepada nasabah yang siap membayar,” imbuh dia.

Tapi, untuk nasabah yang buruk, kalau bisa dibuang. Inikan uang rakyat jadi harus dikelola dengan baik. “Kalau bisa carikan nasabah yang mau mendepositokan uangnya untuk Bank Pasar, agar permodalan Bank Pasar semakin besar,” kata dia.

Rusdi Said Ketua Dewan Pengawas Bank Pasar mengatakan, untuk menarik nasabah agar pinjam dana di Bank Pasar, pihaknya telah meluncurkan program kredit tabungan berhadiah, berupa 3 mobil, 10 motor dan hadiah menarik lainnya.

“Bank Pasar ini 100 persen Bank milik Pemkot Bandarlampung, dan laba dari Bank Pasar ini merupakan salah satu bentuk PAD Pemkot Bandarlampung,” ujar dia.

Sementara Direktur Utama Bank Pasar Ahmad Tamidi mengaku, saat ini Bank Pasar telah memiliki puluhan ribu nasabah. “Kita terus berkembang, selain nasabah yang sudah puluhan ribu, kita juga sudah memiliki kantor cabang dan kantor kas. Aset kita sudah besar dan setiap tahunnya kita sudah mampu memberikan laba untuk Pemkot Bandarlampung,” tutur dia.(jef)