Pemkab Tubaba Gelar Tes Urine Terhadap ASN Tubaba

TRANSLAMPUNG.COM, PANARAGAN-Ratusan Pejabat Eselon III, IV, dan Sat PolPP Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) mengikuti Tes Screening Urine Narkoba secara mendadak oleh Pemkab Tubaba tanpa melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya kebocoran saat pelaksaan Tes Urine, yang di lakukan oleh Pemkab Tubaba, bekerjasama dengan Satuan Narkoba Polres Tulang Bawang.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Herwan Sahri menegaskan, setelah dilakukan Tes Urine tersebut, dirinya akan melihat hasil laporan yang diberikan oleh pihak Dinas Kesehatan Tubaba. Jika terdapat pada satu diantara Aparatur Sipil Negara (ASN) yang Positif menggunakan Narkoba, pihaknya akan memberikan tindakan sanksi tegas terhadap pelaku.

“Kita lihat dulu tingkat positif-nya, mungkin masih dapat dilakukan rehabilitasi. Namun jika tidak, kita akan serahkan ke pihak yang berwajb yakni kepolisian. pastinya kita akan berlakukan sanksi administrasi, dapat di lakukan pemecatan secara tidak hormat. Sementara, untuk ASN yang tidak hadir saat ini saya akan kirimkan surat pemanggilan resmi terhadap yang bersangkutan,” kata Sekda saat di jumpai Trans Lampung, diruang kerjanya Senin (6/3).

Sementara itu dijelaskan oleh Plt. Dinas Kesehatan Prana Putra didampingi Sekretaris Majril mengatakan, dilakukan kegiatan urine tersebut berdasarkan pada program Nasional, dengan target dari seluruh ASN dapat terbebas dari Narkoba. Dalam acara itu Pihaknya selaku pelaksana pemeriksaan, yang hasilnya akan direkab, kemudian apa yang dihasilkan dari Tes urine akan dilaporkan ke pada Sekda setempat.

“Kegiatan ini akan di lakukan secara bertahap, setelah usai Tes urine kepada Pejabat Eselon III, IV dan Sat Pol-PP ini, akan dilakukan Tes susulan terhadap Seluruh Staf, yang setelah itu kembali di lakukan Tes terhadap Pejabata Eselon II,” kata dia.

Ironisnya, dari hasil Tes Urine tersebut tidak dapat disampaikan secara langsung dan transparan, menurut Kasat Narkoba Doni Novanri Burni mengatakan, dari hasil test urine tersebut sejumlah 500 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Tubaba nantinya akan dikirim ke polres Tuba.

“Jika nantinya didapat ada beberapa ASN dinyatakan ada yang positif mengandung zat narkoba, maka pihak mapolres Tuba akan berkordinasi dengan pemerintah daerah, untuk melakukan pembinaan dan mengambil tindakan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” katanya.(dir)

News Reporter