. . .

Pemkab Tubaba Apresiasi Kampanye MR, Asisten 1: Semua Balita Diimunisasi

image_print

‎TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN
Upaya memutuskan juga pencegahan ‎transmisi penularan virus campak dan rubella terhadap anak balita 9 bulan hingga 15 tahun, Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi lampung bersama Diskes Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) sosialisasikan Kampanye measles rubella (MR) di Wisma Tirta makmur, Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten setempat.

‎Menurut Anita andriyani selaku kepala bidang pencegahan dan pengendalian penyakit Dinkes Provinsi lampung mengatakan. MR adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak balita sejak dini, tentunya tanpa mempertimbangkan imunisasi sebelumnya.

” Meskipun kami melihat data, Sidrap itu tidak ada laporan KLB (kejadian luar biasa) campak rubella, namun kita tetap melakukan sosialisasi, semoga tidak ada di Tubaba KLB campak tersebut.” kata Anita Andriyani, dalam sambutanya saat dikutip Translampung.com pada (19/7/2018) pukul 10:30 Wib.

Lanjut dia, penyakit campak memang harus menjadi perhatian serius bagi seluruh lapisan masyarakat. Oleh karenanya Program imunisasi merupakan salah satu program yang masuk dalam proyek prioritas nasional kesehatan. Dengan tujuan imunisasi mampu  menurunkan angka kesakitan, kematian, serta kecacatan akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

‎” Yang sangat membahayakan adalah jika ibu hamil terserang campak rubella, maka itu sangat berdampak bagi kesehatan bayi jika lahir.” Katanya.

Menanggapi hal tersebut Pemkab Tubaba melalui Asisten 1 bidang pemerintahan Agus subagio mengatakan.‎ Pemkab sangat mengapresiasi digelarnya sosialisasi tersebut, artinya secara bersamaan apa yang telah di programkan pemerintah dapat berlangsung sukses sampai ke masyarakat. Untuk itu pihaknya berharap, melalui Dinas Kesehatan, Puskesmas, Posyandu dan semua pihak dapat menyampaikan secara jelas mengenai kandungan vaksin, dampak maupun manfaatnya.

‎” Dibulan Agustus mendatang, semua anak usia 9 bulan hingga 15 tahun, akan diberi imunisasi Measles dan Rubella (MR) karena fungsi vaksin itu sendiri upaya pencegahan dari berbagai penyakit yang telah melalui penelitian, uji coba, jalur yang benar atau legal untuk menyelamatkan jiwa.” Imbuhnya.

Imunisasi tersebut dilakukan serentak diseluruh Indonesia dengan harapan dapat terlaksana sepenuhnya di Kabupaten Tubaba. Untuk itu seluruh Perangkat Daerah, Kecamatan, Pemerintahan Desa, Kader PKK dan Yankes bisa memberikan sosialisasi dan pemahaman akan manfaat imunisasi tersebut. (Dirman)