. . .

Pemkab Tanggamus Serahkan 8 Hewan Kurban

image_print

Foto: AYP

SELAMAT BERKURBAN: Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin (kiri) didampingi istri, secara simbolis menyerahkan sapi kurban pada Panitia Kurban Masjid Al-Kautsar Kelurahan Kuripan, Rabu (22/8) pagi.

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Pada perayaan Iduladha tahun ini, giliran jamaah dan warga sekitar Masjid Al-Kautsar Kelurahan Kuripan, Kecamatan Kotaagung, yang menerima satu sapi kurban dari Penjabat Bupati Tanggamus.

Kabag Kesmas Keagamaan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, Hi. Muhibbun mengatakan, pada perayaan Iduladha tahun ini, pemkab menyalurkan delapan ekor hewan kurban. Dengan rincian empat ekor sapi dan empat ekor kambing yang didistribusikan di wilayah Kabupaten Tanggamus.

“Penyaluran hewan kurban ini dilaksanakan selain untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, juga sebagai bentuk kepedulian sosial Pemkab Tanggamus terhadap sesama,” kata Muhibbun, Rabu (22/8).

Khusus di Masjid Al-Kautsar Kelurahan Kuripan, penyerahan secara simbolis langsung dilakukan Penjabat Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, M.T. pada panitia kurban setempat, usai solat, Rabu pagi. Saat penyerahan sapi kurban, Zainal Abidin didampingi jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tanggamus.

Dalam kesempatan itu Zainal Abidin menyampaikan, hari raya Iduladha merupakan hari yang bersejarah bagi umat manusia, khususnya umat Islam. Karena perayaan Iduladha ini mengajarkan kepada semua umat Islam, bahwa segala sesuatu yang diperintah Allah SWT haruslah diprioritaskan. Sebagaimana perintah berkurban kepada Nabi Ibrahim As terhadap anaknya sendiri, yakni Nabi Ismail As.

“Bila kita mengkaji hikmah yang terkandung di dalam hari raya Iduladha, umat manusia mendapatkan pelajaran dan peringatan yang sangat berharga. Yakni diperintahkan untuk berkorban dengan melaksanakan penyembelihan hewan kurban bagi mereka yang mempunyai kelebihan rezeki. Serta diperintahkanNya melaksanakan Ibadah Haji bagi yang mampu,” kata Zainal.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan (Adbang) Pemerintah Provinsi Lampung itu juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanggamus untuk kembali membangkitkan nilai-nilai esensial Iduladha, yaitu pengorbanan untuk menambah keyakinan dan rasa persaudaraan.

“Sekaligus untuk mendorong dan meningkatkan hubungan dengan Sang Pencipta juga sesama manusia,” tandas Zainal Abidin. (ayp)