. . .

Pemkab Pringsewu Peringati HCTPS dan Germas

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, AMBARAWA – Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) 2018 tingkat Kabupaten Pringsewu diselenggarakan di Lapangan Pekon Tanjunganom, Kecamatan Ambarawa, Selasa (6/11).

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Pringsewu Fauzi beserta Wakil Ketua TP-PKK Pringsewu Rita Irviani Fauzi, Kadis Kesehatan Purhadi, Camat Ambarawa Yuli Susapto, Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan Supriyanto beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu lainnya, serta ratusan pelajar SD ini, sekaligus dirangkai dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Wakil Bupati Pringsewu, Fauzi mengatakan HCTPS yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober, merupakan kampanye global yang dicanangkan PBB, dalam rangka menggalakkan perilaku masyarakat mencuci tangan dengan memakai sabun guna mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh kuman.

Mencuci tangan pakai sabun, kata Fauzi, juga merupakan salah satu indikator perilaku hidup bersih dan sehat serta pilar ke-2 dari 5 pilar STBM.

“Ditanamkannya perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini dapat menciptakan generasi yang sehat. Oleh karena itu, pesan yang harus disebarluaskan ke seluruh masyarakat yaitu  bahwa kesehatan harus dimulai sejak dini, dan berperilaku sehat dapat mencegah berbagai penyakit,” katanya.

Terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Pringsewu, lanjut Fauzi, diharapkan dapat menjadi awal dari upaya menjadikan pribadi yang sehat sebagai salah satu upaya menuju Kabupaten Pringsewu Sehat. (rez/hkw)