. . .

Pemkab Pesawaran Laksanakan Penandatanganan  MoU dengan Kejari Lampung Selatan

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN -Pihak pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran melaksanakan penandatangan MoU dengan Kejaksaan Negeri Lampung Selatan tentang penanganan Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara  yang dilaksakan di Aula Pemkab Pesawaran, Selasa (07/7/2018).

Menurut Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan Pemkab Pesawaran sebagai penyelenggara Pemerintah di daerah dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya dapat bertindak dalam bidang hukum perdata maupun Tata Usaha Negara memungkinkan timbulnya perkara baik di dalam maupun di luar pengadilan, sehingga perlu penanganan secara profesional untuk meningkatkan kewibawaan penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Kabupaten Pesawaran.

“Kita patut bersukur dengan adanya MoU  antara Pemerintah Kabupaten Pesawaran dengan Kejaksaan Negeri Lampung Selatan dalam bidang hukum. Kerjasama ini sejalan dengan Pemkab Pesawaran, yakni meningkatkan tata kelola pemerintahan yang profesional, amanah, bersih dan berwibawa secara akuntabel dan transparan untuk mendorong percepatan pembangunan,”kata Dendi  Ramadhona saat menyampaikan sambutanya.

Dendi Ramadhona juga menerangkan bahwa kerjasama ini dilakukan bertujuan untuk membangun kesepahaman antara Pemkab Pesawaran untuk secara bersama-sama menangani perkara yang dihadapi oleh Pemkab Pesawaran sebagai akibat penyelenggaraan Pemerintahan Daerah juga dimaksudkan untuk menyelesaikan perkara perdata dan Tata Usaha Negara yang dihadapi oleh pemkab Pesawaran.

“Untuk itu, saya atas nama Pemerinta Kabupaten Pesawaran menyampaikan terima kasih kepada Kajari dan Aparat Kejaksaan Negeri Lampung Selatan atas kesediaannya untuk bekerjasama kembali dalam penanganan masalah perdata dan tata usaha Negara, dimana MoU kali ini adalah perpanjangan dari MoU sebelumnya pada tahun 2017 yang lalu,”ucapnya

Lebih lanjut mantan Anggota DPRD Provinsi Lampung ini berharap dengan adanya penandatanganan MoU ini tidak sekedar seremoni belaka, tetapi lebih dari itu nantinya diharapkan ada tindaklanjut yang bermanfaat, ada komunikasi yang terus-menerus dan ada langkah riil sehingga dapat terwujud pemerintahan yang bersih, taat hukum, dan berwibawa yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Selain itu pula lanjut Dendi melalui MoU ini diharapkan dapat menjadikan pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan lebih disiplin dan tertib.

“Kepada pejabat Struktural di lingkup Pemkab Pesawaran, jangan salah persepsi bahwa dengan kerjasama ini lalu bebas melakukan pelanggaran. Sebaliknya, jadikan sebagai momentum ini untuk lebih tertib dan disiplin dalam menjalankan tugas,”jelasnya.

Mudah-mudahan lanjutnya ,tidak ada terdengar pejabat Pemkab Pesawaran yang tersandung masalah hukum hanya karena ketidaktahuan, kekurangan pahaman atau salah dalam menafsirkan ketentuan perundang-undangan.

“Selain itu saya berharap, Kejaksaan Negeri Lampung Selatan juga dapat membantu Pemkab Pesawaran dalam melakukan Capacity Building bagi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, karena hal ini bukan saja merupakan suatu keharusan tetapi sudah menjadi suatu kebutuhan dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan Pemkab Pesawaran,”tegasnya.

Diketahui dalam pelaksanan MoU ini dihadiri langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Selatan Sri Indarti, SH.MH.Bupati Pesawaran  Dendi Ramadhona, Staf Ahli Bupati, Asisten dan Seluruh Kepala OPD yang bertugas di pemkab kabupaten pesawaran . (rls/ydn)