Pemkab Lamsel Perbaiki Gorong-gorong Ambles di Baktirasa, Sragi

0
310
views
SRAGI – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) akhirnya melakukan perbaikan secara menyeluruh gorong – gorong yang ambles di Jalan Poros Dusun Fajarbakti, Desa Baktirasa, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan, setelah hampir satu bulan rusak berat, dimana Gorong – gorong tersebut merupakan jalan penghubungkan antara Kabupaten Lamsel dan Lampung Timur.
Camat Sragi Suwardi mengatakan Pemkab Lamsel telah merealisasikan perbaikan gorong – gorong jalan poros milik kabupaten setempat secara permanen. Dimana, perbaikan dimulai dari pengerukan gorong – gorong dan diganti dengan gorong-gorong yang baru.
“Rekanan sudah menemui saya untuk memperbaiki gorong-gorong yang ambles pada Sabtu (27/2) lalu akibat diterjang hujan deras hingga mengalami tersembut. Rencananya itu akan dibongkar habis, lalu diperbaiki secara permanen. Rekanan sudah mengerjakan sejak Jum’at (15/4) kemarin,” kata dia saat dihubungi, Minggu (17/4).
Menurut Suwardi dengan adanya perbaikan gorong-gorong tersebut sejumlah kendaraan roda empat dan dua dialihkan menuju jalan lingkar desa tepatnya di Dusun Sindangsari, Desa Baktirasa. Ia berharap kepada rekanan agar mengerjakannya sesuai dengan rencana kontruksi sehingga menghasilkan kualitas yang baik.
“Untuk saat ini lalu lintas terpaksa dialihkan semua, lantaran gorong-gorong itu dibongkar yang mengakibatkan jalan terputus. Harapan kami tentunya gorong-gorong itu diperbaiki sesuai dengan kontruksi. Sebab, jalan poros itu merupakan akses utama untuk menuju ke Lamtim,” kata dia.
Secara terpisah, Rudi selaku rekanan yang mengerjakan proyek tersebut, mengatakan perbaikan gorong – gorong itu akan diperbaiki secara permanen. Dimana, akan dipasang kontruksi gorong-gorong dengan lebar 2,5 meter dan panjang 8,20 meter. Sedangkan, untuk keseluruhannya lebar 3 meter dan panjang 9 meter.
“Gorong-gorong itu rusak lantaran akibat bencana alam. Untuk itu, proyek itu merupakan petunjuk langsung dari Pemkab Lamsel melalui DPU Lamsel yang menggunakan dana talangan sebesar Rp130 juta. Yang jelas, gorong-gorong tersebut secepatnya kami kerjakan agar dapat dimanfaatkan para pengguna jalan,” kata dia saat ditemui dilokasi, kemarin.
Sementara itu, Udin (42) warga setempat mengatakan, masyarakat merasa senang dan bersyukur Pemkab Lamsel mulai merealisasikan perbaikan gorong-gorong itu. Sebab, selama ini masyarakat khawatir gorong-gorong ambles itu akan melebar bila tidak segera diperbaiki.
“Kami juga khawatir kalau tidak segera diperbaiki akan membahayakan bagi pengguna jalan. Apalagi saat malam hari bagian ambles tidak akan kelihatan. Harapan kami perbaikan itu agar benar-benar dikerjakan dengan kualitas yang bagus sehingga tidak ada lagi kerusakan,” kata dia.
Sebelumnya, Gorong-gorong di jalan poros Dusun Fajarbakti, Desa Baktirasa, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan, ambles setelah dilintasi kendaraan mobil muatan pasir, Sabtu (27/2) sekitar pukul 10.00. Akibatnya arus lalu lintas di jalur tersebut tersendat.
Pantauan dilokasi, perbaikan gorong – gorong itu dibongkar secara menyeluruh dengan menggunakan alat berat sehingga lalu lintas kendaraan baik dari Lamsel – Lamtim atau sebaliknya terpaksa dialihkan ke Jalan lingkar desa tepatnya di Dusun Sindangsari, Desa Baktirasa.(jhn)

LEAVE A REPLY