. . .

Pemkab Lambar, Inventarisasi Aspirasi Petani Padi

image_print

TRANSLAMPUNG. COM, LAMBAR
-Meningkatkan perekonomian yang berorientasi pada agribisnis, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) gelontarkan 10 jenis bantuan alat pertanian.

Diantaranya, Handtraktor, cultivator, pompa air, mesin jahit karung, kompos, benih padi, benih cabaik, bawang putih, bawang merah, alat masak kepada kelompok tani yang dipusatkan di Pekon Buay Nyerupa, Kecamatan Sukau, Lambar.

Kegiatan Temu Lapang Bupati Bumi Skala Berak Sai Betik, Hi. Parosil Mabsus, dalam rangka persiapan tanam padi musim tanam gadu tahun 2019, serta sejelan untuk visi terwujudnya Lambar Hebat dan Sejahtera, Rabu (31/7).

Dengan harapan untuk meningkatkan kesejahteraan petani yang merupakan mata pencarian utama masyarakat Lambar khususnya, sehingga mampu menjaga ketahanan pangan yang menjadi tumpuan bersama.

Kemudian, dapat menjaga produktifitas dengan upaya-upaya meningkatkan sumber daya lahan dan air, serta kesuburan tanah.

Dikatakan Pakcik, sapaan akrab Parosil, berdasarkan visi untuk terwujudnya Lambar Hebat dan Sejahtera, adalah salah satu langkah yang harus dilakukan untuk meningkatkan perekonomian yang berorientasi pada agribisnis.
Menurutnya, perekonomian meningkat maka masyarakat akan sejahtera. khususnya petani patutnya turut dalam mewujudkan ketahanan pangan seyogyanya, ketahanan pangan adalah tujuan utama pembangunan pertanian.

Kemudian, kata dia, upaya peningkatan produksi pangan ini juga patutlah diikuti dengan upaya-upaya menjaga kelestarian sumber daya lahan dan air, serta kesuburan tanah.
Lalu, mengajak semua pihak khususnya para petani untuk menjaga sumber daya lahan sawah produktif agar tidak terjadi alih fungsi lahan dan menjaga fasilitas irigasi yang tersedia secara bergotong royong serta melestarikan dan, “menjaga sumber-sumber air dengan menanam pohon penghijauan agar tidak terjadi kekeringan pada musim kemarau dan banjir pada musim hujan,” jelas Ketua DPC PDI-Perjuanga Lambar tersebut.

Sementara diwaktu yang berbeda, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Yedi Ruhyadi, SP., tujuan kegiatan ini untuk menyebarluaskan informasi tekonologi tanam pangan padi. Juga menginventarisasi aspirasi seluruh petani dalam peningkatan tanaman pangan khususnya padi.
“Ini upaya kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lambar,” tuturnya. (Safri/r7)

error: Content is protected !!