Peminat Festival Gitar Tunggal Membludak

0
467
views

BANDARLAMPUNG – Sebanyak 35 peserta akan unjuk kebolehan dalam Festival Gitar Tunggal lagu tradisional Lampung se-provinsi Lampung tahun 2016, yang akan dilaksanakan pada 15-17 April 2016, bertempat di Tugu Adipura, Bandarlampung.

Festival ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, yang memperebutkan trophy Kapolda Lampung dan uang tunai jutaan rupiah. Demikian di ungkapkan oleh Yus Amri Agus selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kota Bandarlampung.

“Peserta yang tercatat baru sekitar 35 orang dari umum. Tapi, akan ada tambahan lagi dari Polres se-Lampung, karena pendaftaran yang semula ditutup pada tanggal 10 April. Diperpanjang sampai besok Rabu (13/4),” kata Yus Amri, Kemarin (12/4).

Nantinya, peserta yang tampil akan membawakan lagu tradisional Lampung yang diiringi gitar tradisional seperti gitar gambus atau gitar biasa. “Untuk lagunya kita bebaskan, bisa lagu yang sudah ada, bisaa juga lagu ciptaan sendiri. Yang penting lagu Lampung tradisional,” jelas dia.

Festival ini digelar, kata dia, adalah salah satu upaya Pemkot untuk melestarikan dan menumbuhkan kecintaan masyarakat Lampung terhadap kebudayaan Lampung.

“Iya ini adalah salah satu upaya kita melestarikan, selain itu masih banyak lagi, karena alat musik tradisional Lampung ini bukan hanya Gitar Gambus tapi ada juga Gamolan dan Tabo Balak,” beber dia.

Mengenai rencana masuknya kesenian Lampung ke sekolah, Yus Amri mengaku, itu sudah wewenang dari Dinas Pendidikan. Tapi, kalau untuk Hotel, Rumah Makan dan Restoran, pihaknya telah memberikan himbauan agar selalu memutar lagu-lagu Lampung dan menampilkan live musik tradisional Lampung.

Untuk Festival Gitar Tunggal ini, pihaknya menghimbau masyarakat untuk turut hadir dan menyaksikan pertunjukan peserta Festival dalam membawakan lagu tradisional Lampung dengan menggunakan Gitar tradisional gambus. (Jef)

LEAVE A REPLY