Pemimpin Harus Miliki Seni Kelola Waktu

0
277
views

WAKIL Gubernur Lampung Bachtiar Basri mengatakan, seorang pemimpin itu harus memiliki seni dalam mengelola satuan kerja atau unit yang dipimpin, dalam artian khusus seorang pemimpin harus mampu memposisikan dirinya sebagai seorang pemimpin.

Bachtiar mengatakan, syarat pertama menjadi pemimpin adalah harus mampu menjadi seorang guru, ini berarti seorang pemimpin harus memiliki ilmu serta wawasan yang lebih dari orang-orang yang dipimpinnya, tentunya sebagai seorang pemimpin harus terus belajar, harus terus membaca dan terus berubah ke arah yang lebih baik lagi.

Bachtiar menambahkan, syarat kedua untuk menjadi pemimpin adalah pemimpin harus mau menjadi serorang kawan, seorang sahabat. Pemimpin harus akrab dengan yang dia pimpin, jangan berjarak supaya memudahkan menambah pengetahun tentang karakter yang dia pimpin.

“Hal ini juga sebagai bagian dari proses pencapain tujuan kerja, dengan mengenal karakter akan memudahkan seorang pemimpin menempatkan seseorang pada posisi yang pas karena sudah memahami karakter orang tersebut,” imbuhnya.

Syarat terakhir untuk menjadi seorang pemimpin adalah pemimpin harus mau melayani dan memberi karena hakikatnya seorang pemimpin adalah pelayan, dan para staf nantinya merupakan rekan kerja yang membantu dalam mendukung pekerjaan seorang pemimpin.

“Ketiga hal tersebut dapat dilaksanakan kalo kita punya sifat yang low profile, yakni sikap mau menerima dan merubah paradigma yang lama yang mungkin sudah tidak dapat diterapkan lagi dalam dunia kerja kita saat ini” ungkapnya.

Wakil Gubernur juga menegaskan bahwa ketika menjadi pemimpin kiranya dapat membuat program yang aplikatif, yang dapat diaplikasikan sehingga dapat segera dirasakan efeknya bagi masyarakat luas.

Untuk menjadi seorang pemimpin ada proses yang harus dilewati dan sebagai seorang pemimpin haruslah seorang yang dapat dipercaya serta memegang kepercayaan atas amanah yang diberikannya, tutup Wakil Gubernur Bachtiar Basri.(rls/isw)

LEAVE A REPLY