Pemilik Jadi Tersangka, ABU Tours Tetap Beroperasi

TRANSLAMPUNG.COM – Meski pemilik Amanah Bersama Umat (ABU) Tours, Hamzah Mamba, sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penipuan umrah oleh Polda Sulawesi Selatan, namun izin operasional perusahaan itu belum dicabut Kementerian Agama (Kemenag).

Perusahaan yang berbasis di Makassar tersebut mengantongi izin sebagai perusahaan penyelenggara ibadah umrah (PPIU) pada 2017. Saat dikonfirmasi soal penanganan kasus ABU Tours, Menag Lukman Hakim Saifuddin tidak berkomentar banyak.

“Kasus tersebut sedang dalam penanganan aparat penegak hukum,” katanya kemarin.

Direktur Pembinaan Umrah dan Haji Khusus Kemenag Arfi Hatim mengatakan, pelanggaran ABU Tours sudah jelas. Apalagi, pemiliknya telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Sanksi administrasi terkait izin sedang diproses,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, segera diputuskan sanksi administrasi untuk ABU Tours. Melihat pemiliknya berstatus tersangka, hampir pasti izin ABU Tours bakal dicabut.

Pencabutan izin itu tidak mengurangi hak jamaah. Baik hak untuk tetap diberangkatkan dengan travel lain maupun hak pengembalian uang (refund).

Pengamat haji dan umrah Dadi Darmadi menyayangkan kembali munculnya kasus penipuan umrah dengan jumlah jamaah yang besar.

“Dari tiga kasus besar, jumlah korbannya mencapai 150 ribu lebih. Uang masyarakat yang terancam hilang juga triliunan rupiah,” jelasnya. Kemenag harus lebih mengedepankan pengawasan. (wan/c19/oki/jpg)

 

 

 

News Reporter