. . .

Pemerintah Daerah Berkewajiban dan Bertanggung Jawab Untuk Melaksanakan  dan Mendukung Kebijakan Nasional

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, SUKADANA – Pemerintah Daerah berkewajiban dan bertanggung jawab untuk melaksanakan  dan mendukung kebijakan nasional dalam penyelenggaraan perlindungan anak di daerah, melalui upaya daerah membangun Kabupaten Layak Anak.Meraih predikat pratama dalam pemberian penghargaan Kabupaten Layak Anak Tahun 2018 semakin memberi motivasi bagi daerah utk meningkatkan sinergitas antara perangkat daerah, Lembaga Masyarakat, Dunia usaha,  media dan forum anak. Hal itu disebabkan karena dewasa ini kita mengetahui bahwa isu perlindungan anak sangat gencar digalakkan demi terciptanya lingkungan yang aman, damai dan nyaman bagi tumbuh kembang anak.

Berhasil meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak predikat pratama membuat Kabupaten Lampung Timur terus memperbaiki diri dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.
Menyikapi hal itu, Wakil Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari Memberikan Sambutan Sekaligus Membuka acara Pertemuan Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Lampung Timur Tahun 2019 yang diselenggarakan di Aula Utama Setdakab Lampung Timur. Selasa (21/05/2019).
Hadir pula pada acara tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Tarmizi, Kepala Inspektorat Kabupaten Lampung Timur, Nurdin Syifrizal, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pengendalian Penduduk, Farida Norma, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Puji Riyanto, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Timur, M.Yunus, Kepala Dinas Perhubungan Lampung Timur, Sudarman, Plt.Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Lampung Timur, Takdirullah, Sekretaris Dinas Kesehatan dr. Nila Sandrawati, serta Kepala Bagian Hukum Setdakab Lampung Timur, Sudarli.
Selain nama-nama diatas hadir pula Perwakilan dari PKK, DWP, forum anak Kabupaten Lampung Timur  serta Fasilitator Kabupaten Layak Anak Tingkat Nasional Toni Fisher.
Untuk diketahui, Kabupaten Layak Anak merupakan kabupaten yang memiliki sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak.
Tahun 2019  Kabupaten Lampung Timur telah melewati penilaian mandiri dan verifikasi administrasi dalam tahapan penilaian evaluasi Kabupaten Layak Anak.
“Alhamdulillah Kabupaten Lampung Timur tahun 2018 mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat, keberhasilan ini merupakan keberhasilan kita semua yakni Pemerintah Kabupaten Lampung Timur”.
“Kita ingin kedepan tidak hanya sekedar memperoleh penghargaan atau predikat namun betul betul kita ingin Lampung Timur ini menjadi Kabupaten Yang Layak Anak oleh karena itu untuk meraih hal tersebut tentunya harus ada kebersamaan disemua leading sektor dan saya minta kepada OPD terkait untuk sama sama memberikan dukungan terhadap kegiatan ini, jadi tidak ada lagi alasan bahwa tidak ada ketersediaan anggaran” ujar Wakil Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari.
Lebih lanjut masih berkaitan dengan Kabupaten Layak Anak,  Zaiful berharap tidak ada pungutan-pungutan yang beralasan sekolah layak anak.
“Saya mengharapkan kedepan terkait dengan sekolah layak anak, saya mengharapkan kepada dinas pendidikan berkoordinasi dengan dinas PPA, ini perlu kita perhatikan karena ada kriteria-kriteria yang bisa dijadikan sebagai sekolah layak anak, jangan juga sampai ada pungutan-pungutan yang beralasan adanya sekolah layak anak sehingga biayanya dibebankan kepada dewan guru, itu saya tidak ingin mendengarnya, semuanya harus kita kelola dengan baik dan profesional” Pungkasnya. (ris)

error: Content is protected !!