. . .

Pemerintah Bantu Rehabilitas 470 Rumah

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BAUBAU – 470 unit rumah kategori tak layak huni di Kota Baubau mendapatkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Sultra. Sumber bantuan dari APBN senilai Rp 15 juta per rumah.

Bantuan diberikan dalam bentuk buku tabungan di aula Palagimata, Senin (27/8). Serah terima buku tabungan disaksikan Asisten III Setda Baubau Armin, PPK Rumah Swadaya SNVT Penyediaan Perumahan Sultra Musniar Silondae dan anggota TP4D Kejati Sultra Muh Ramlin.

PPK Rumah Swadaya SNVT Penyediaan Perumahan Sultra, Musniar Silondae mengatakan, 470 penerima BSPS itu merupakan masyarakat berpenghasilan rendah yang tersebar di tiga kecamatan daerah itu sudah melalui tahap verifikasi oleh fasilitator dan tim teknis.

“Oleh karena itu di swadaya ini yang kita cari adalah rumah yang tidak layak huni yang masuk kategori rusak berat,” jelas Musniar dikonfirmasi disela-sela penyerahan bantuan.

Dia menuturkan, satu kelompok minimal terdapat 20 calon penerima BSPS. Ketua kelompok yang ditunjuk akan menjembatani, menandatangani dan mengkoordinir bantuan itu.

Sementara itu, Asisten III Setda Baubau, Armin menguraikan, 470 penerima BSPS 2018 tersebut tersebar di tiga kelurahan. Dengan rincian, 170 unit di Kelurahan Baadia, Kelurahan Tampuna dan Waliabuku, dan masing-masing 120 unit serta 60 unit di Kelurahan Gonda Baru.

“Selain dari APBN, kita juga mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 176 rumah dan dana aspirasi sebanyak 100 rumah. Sehingga total bantuan yang kita terima tahun ini sebanyak 734 unit rumah,” ulasnya.

Program BSPS Kementerian PUPR itu, terang dia, sudah bergulir sejak tahun 2013 hingga sekarang. Tercatat, sebanyak 1.630 unit rumah tak layak huni sudah mendapat bantuan.

“Tabungan Rp 15 juta itu dialokasikan Rp 12,5 juta untuk material dan Rp 2,5 juta untuk biaya tukang. Jadi, sebelum digunakan, ada fasilitator yang akan meninjau material rumah yang ingin diperbaiki penerima bantuan,” ulas Plt Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Kota Baubau ini.(exa)