. . .

Pembukaan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemerintah Lambar

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, LAMPUNG BARAT– Staf Ahli Bidang Administrasi Umum, Mansolihi membuka pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemerintah Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018 Di Ruang Rapat Kagungan Pemkab, Selasa (31/7).

Hadir dalam acara tersebut Narasumber dari Kemenpan dan RB Agus Harsono, Endang Purwaningsih, sejumlah Kepala OPD dan Peserta sosialisasi.

Dalam Sambutan Staf Ahli Bidang Administrasi Umum Drs.M.Mansolihi menyampaikan tuntutan masyarakat terhadap percepatan reformasi birokrasi pemerintah saat ini sangat tinggi, namun profesionalisme yang diharapkan belum sepenuhnya dapat terwujud salah satu penyebabnya belum adanya sumber daya manusia yang cukup mumpuni dalam merencanakan suatu program pada masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

Selanjutnya untuk itu salah satu langkah awal yang penting dalam hal percepatan reformasi birokrasi adalah melaksanakan fungsi perencanaan yang sesuai dengan rencana jangka menengah dan rencana strategi yang dituangkan dalam road map reformasi birokrasi pemerintah kabupaten lampung barat, agar visi, misi dan tujuan serta sasaran dapat tercapai.

“Dalam rangka untuk mencapai pelaksanaan reformasi birokrasi agar berjalan sesuai dengan harapan masyarakat, maka diperlukan berbagai macam terobosan dalam hal peningkatan percepatan reformasi birokrasi pada masing-masing opd yang ada di kab. lampung barat,” harapnya.

Reformasi birokrasi secara nasional yang dilakukan pada 8 (delapan) area perubahan yaitu manajemen perubahan, penguatan sistem pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan kelembagaan, penguatan tata laksana, penguatan sistem manajemen sumber daya manusia aparatur sipil negara, penguatan peraturan perundang-undangan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sementara itu Laporan Ketua Pelaksana Kepala Bagian Organisasi Pirwan menyampaikan Tujuan dilaksanakan sosialisasi reformasi birokrasi yaitu selain peserta diharapkan mampu memahami dan menyusun dokumen Road Map reformasi birokrasi tahun 2018, juga agar pelaksanaan reformasi pemerintah daerah Kabupaten Lambar dapat tercapai sesuai dengan Road Map reformasi birokrasi yang telah ditetapkan.

Selanjutnya pesertanya sebanyak 53 orang yang berasal dari seluruh Organisasi

Perangkat Daerah (OPD) Dilingkungan Pemkab. (*)