. . .

Pembukaan Diklatpim Tingkat lV Angkatan XVlll Lambar TA 2018

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, LAMPUNG BARAT – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat Melalui Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia(BKSDM) menggelar acara Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (DIKLAT PIM) Tingkat lV Angkatan XVIII di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018 di Gedung Aeki, Kamis (23/8).

Acara tersebut dibuka oleh Asisten lll Bidang Administrasi Umum Novriadi Kuswan di hadiri Widyaiswara BPSDM Provinsi Lampung, Bovie Kawulusan para mentor dan peserta mentor. Dalam sambutan Asisten lII Bidang Administrasi Umum Novriadi Kuswan Menyampaikan menghadapi era globalisasi dan liberalisasi, peningkatan kualitas sikap mental dan kemampuan aparatur senantiasa menjadi kebutuhan yang sangat penting.

Seperti halnya dengan pelaksanaan berbagai jenis pendidikan dan pelatihan, pelaksanaan diklatpim ini berkaitan erat dengan upaya peningkatan kualitas aparatur pemerintah khususnya dalam menopang kebijakan pemerintah untuk semakin mendinamisasikan daerah.

“Oleh karena itu peningkatan kualitas sumberdaya manusia menjadi fokus utama yang harus kita perhatikan. karena sebaik apapun suatu program dibuat apabila tidak didukung oleh sumberdaya manusia yang handal tidak akan dapat berjalan sebagaimana yang kita inginkan,” ungkapnya.

Selanjutnya disamping itu, secara khusus diklatpim bertujuan untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada pejabat struktural eselon IV yang berperan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

Kemudian diklatpim diperuntukan bagi mereka yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, oleh karena itu diklat ini merupakan diklat kader untuk jabatan pimpinan sebab seseorang yang menduduki jabatan pimpinan memiliki posisi dan peranan yang sangat penting dan dituntut untuk mampu Membantu atasan dalam penataan program, menyampaikan gagasan yang berkaitan dengan tugasnya kepada atasan secara tertulis, Menjabarkan pelaksanaan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh atasannya, melaksanakan penugasan dari pimpinan secara tepat, Menyusun rencana kegiatan unit kerjanya, melaksanakan koordinasi dengan unit kerja lainya, menggerakkan pelaksana secara terorganisasi untuk mencapai sasaran unit kerja, Menyusun laporan pelaksanaan pekerjaan.

“Mengingat tugas-tugas yang diemban oleh pemerintah, baik dipusat maupun daerah pada umumnya bersifat multi sektoral dan berhadapan langsung dengan masyarakat, maka faktor kepemimpinan memperoleh penekanan utama.

Melalui pengembangan kapasitas ini diharapkan agar aparatur di daerah mempunyai kemampuan untuk melaksanakan seluruh kebijaksanaan pemerintah dan dapat pula menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi didalam masyarakat sesuai dengan wewenang dan tanggung jawabnya,” ujarnya.

Selanjutnya berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya aparatur diharapkan mampu mendukung terlaksananya tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan secara efektif dan efisien. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah melalui pendidikan dan pelatihan structural diklat kepemimpinan tingkat IV seperti yang telah saudara ikuti selama 97 hari. Sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil, disamping harus memiliki kemampuan managerial, teknis fungsional, kecakapan serta pengalaman memadai.

Terus ketentuan tersebut diatas secara bertahap telah mulai dilaksanakan untuk pengangkatan dalam jabatan struktural, yang pada gilirannya tidak akan ada lagi pns yang menduduki jabatan yang tidak pernah mengikuti diklat struktural yang dipersyaratkan bagi suatu jabatan.

Dalam menunjuk seseorang pada suatu jabatan, disamping persyaratan diatas, masih terdapat beberapa persyaratan yang menjadi pertimbangan pimpinan, misalnya prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela. Sementara itu Laporan Ketua Pelaksana Drs.Ismet Inoni menyampaikan dasar penyelenggaraan kegiatan adalah Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil, keputusan Kepala lembaga administrasi Negara No 20 Tahun 2015 tentang pedoman penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat lV.

Selanjutnya Tujuan dari kegiatan adalah dari penyelenggaraan diklatpim tingkat lV Angkatan XVlll Tahun 2018 secara umum adalah meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterlampiran, dan pembentukan kepribadian secara dini bagi pejabat struktural Eselon lV Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pegawai negeri sipil.

Kemudian sasaran dari kegiatan adalah pejabat struktural Eselon lV yang belum mengikuti diklatpim Tingkat lV dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang yang berasal dari instansi atau satuan kerja se-Kabupaten Lampung Barat. Kemudian waktu pelaksanaan mulai tanggal 23 Agustus 2018 Sampai dengan 14 Desember 2018. (rls)