Pembangunan Jalan Astra Ksetra-Cakat Dukung Ketahanan Ekonomi Nasional

0
223
views

TRANSLAMPUNG.COM, MENGGALA-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang (Tuba) terus mengupayakan terealisasinya Pembangunan jalan dua jalur lintas Sumatera pada ruas Jalan Astra Ksetra-Cakat Menggala.

Apalagi menurut Bupati Tulang Bawang Hanan A Rozak, pengembangan jalan dua jalur ini mempunyai nilai strategis dan manfaat yang luas, tidak hanya untuk Kabupaten Tuba tetapi juga untuk pembangunan nasional.

Hal itu disampaikan Bupati Hanan A Rozak, saat penandatanganan naskah hibah dan berita acara serah terima Barang Milik Negara (BMN) dari TNI Angkatan Udara (AU) kepada Pemkab Tuba berupa tanah seluas 155.811 m² yang terletak di Lanud TNI AU Pangeran M. Bun Yamin, Astra Ksetra Menggala, yang nantinya akan dilintasi pembangunan jalan tersebut.

Acara ini berlangsung di Mabes TNI AU di Jakarta Selasa malam 21 Februari 2017, serta penandatanganan dilakukan oleh Bupati Tulang Bawang Hanan A Rozak bersama Kepala Dinas Fasilitas dan Konstruksi TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Ruslan Effendi atas nama Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

“Jalan yang dilebarkan tersebut merupakan salah satu jalan yang menjadi urat nadi untuk pemenuhan kebutuhan nasional serta menambah keindahan dan daya dukung logistik khususnya daerah Jawa dan Sumatera,” kata dia, yang pada kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih kepada TNI AU, Kementerian Pertahanan, Kementrian Keuangan, dan Dirjend Kekayaan Negara (DJKN) wilayah Lampung-Bengkulu, yang telah menunjukkan dukungannya terhadap Rencana Pembangunan Jalan Dua Jalur Astra Ksetra-Cakat, di Tulang Bawang.

“Saya pun berharap, agar ke depan TNI AU dan semua pihak kiranya juga dapat terus mendukung kelancaran dan terealisasinya program ini dengan sebaik-baiknya, demi kemajuan pembangunan dan kepentingan masyarakat,“ harap Hanan.

Sementara itu, dalam naskah hibah yang ditandatangani, juga disebutkan bahwa TNI AU menyepakati peruntukan hibah tanah negara yang dikelolanya di Lanud Pangeran M. Bun Yamin untuk pelebaran jalan pada Jalan Lintas Timur Sumatera ruas Jalan Astra Ksetra – Cakat (Bujung Tenuk – Terbanggi Besar), dengan tujuan untuk mendukung ketahanan ekonomi nasional dalam aspek memperlancar logistik khususnya wilayah Jawa-Sumatera.

Lahan seluas 155.811 m² di Lanud Pangeran M. Bun Yamin yang dihibahkan TNI AU ke Pemkab Tulang Bawang itu, jika dirupiahkan nilainya ditafsir sekitar 2,4 milyar rupiah.(als)