. . .

Pelototi Seluruh Pasar, Satgas Pangan Tanggamus Jaga Stabilitas Harga dan Stok Sembako

image_print
TEMUKAN BARANG KEDALUWARSA: Tim Satgas Pangan Tanggamus yang dipimpin Sekda Andi Wijaya dan Kapolres AKBP I Made Rasma Jemy Karang mendapati barang kedaluwarsa serta petasan, saat sidak harga dan stok bahan sembako di Pasar Kotaagung. (Foto: IST)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Menjelang Ramadan, seakan menjadi “tradisi” diwarnai dengan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok. Untuk mencegah hal itu, Tim Terpadu Satuan Tugas Pangan Tanggamus mengawali inspeksi mendadak (sidak) harga dan ketersediaan sembako di Pasar Kotaagung, tadi (11/5).

Sekretaris Daerah Tanggamus Hi. Andi Wijaya, S.T., M.M. di sela-sela sidak mengatakan, menyanbut bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, selain di Pasar Kotaagung, Tim Terpadu Satgas Pangan Tanggamus akan melaksanakan sidak ke seluruh pasar.

“Kami mulai sidak di Pasar Kotaagung ini. Tujuannya memastikan harga sembako tetap terkendali dan ketersediaannya mencukupi. Sekaligus memantau kelayakan konsumsi bahan makanan. Dan dari hasil sidak hari ini, kami temukan beberapan bahan makanan dalam kemasan yang kedaluwarsa. Didapati juga oleh Anggota Satgas Pangan, petasan yang sudah dilarang beredar,” ujar Andi Wijaya.

Selain memantau stabilitas harga dan ketersediaan sembako di seluruh pasar, Sekda Tanggamus menyebutkan, Tim Terpadu Satgas Pangan juga akan berkoordinasi dengan para pemasok bahan pangan. Seperti berkoordinasi dengan agen-agen, Badan Urusan Logistik (BULOG), bahkan Pertamina.

Tujuannya, kata Andi Wijaya, agar harga bahan sembako tetap terkendali dan tidak terjadi kelangkaan. Semisal ketersediaan LPG, yang biasanya sering langka menjelang Idul Fitri. Koordinasi dengan para agen ataupun toko-toko besar di Tanggamus ini, untuk memastikan tidak ada penumpukan/penimbunan stok barang dengan tujuan menaikkan harga.

“Begitu juga dengan agen distributor LPG di Tanggamus, juga akan pantau,” jelas sekda.

Sementara Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma Jemy Karang menerangkan, peran Polres Tanggamus dalam sidak tadi adalah sebagai tim terpadu. Adapun poin serta fokus Tim Satgas Pangan untuk mensurvei stabilitas harga pangan. Utamanya sembako dan ketersedian bahan pangan itu sendiri dalam menghadapi bulan suci Ramadan dan Idul Fitri.

Selain itu, kapolres menegaskan, juga memantau peredaran bahan petasan yang mempunyai daya ledak yang dapat mengganggu kekhusyukan umat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Kegiatan ini akan berkesinambungan, jadi tidak saat ini saja. Tim akan terus memantau harga dan ketersediaan bahan pangan. Sehingga masyarakat Tanggamus tidak resah dalam menghadapi hari raya Idul Fitri,” terang Made Rasma.

Sidak di Pasar Kotaagung dipimpin Sekda Tanggamus Andi Wijaya, didampingi Kapolres AKBP I Made Rasma Jemy Karang, serta Dandim 0424 Letnan Kolonel (Arh) Anang Hasto Utomo, yang diwakili Danramil Kotaagung.

Tampak hadir juga dalam sidak, Kepala Dinas Perdagangan Zulfadli, Sekretaris Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Aditya Kurniawan, Sekretaris Ketahanan Pangan Alkat Alamsyah, Kabag Perekonomian Suyanto, Komandan Satuan Polisi Pamong Praja Yumin, Sekretaris Dinas Perhubungan Suroyo, dan Camat Kotaagung Wiwin Triani. (ayp)