. . .

Pelepasan Calhaj, Kemenag Tanggamus Tetap Usulkan di Islamic Center

image_print
TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Kantor Kementerian Agama Tanggamus merencanakan pelepasan calon jemaah haji di Islamic Center Kotaagung, pada Selasa (7/8). Pilihan lokasi itu berdasarkan segi fasilitas, seperti masjid yang besar, tempat parkir luas, dan kestrategisan tempat.
Kasi Keberangkatan Haji dan Umroh Kemenag Tanggamus,  Musannip mengatakan, keputusan kemenag adalah mengusulkan pelepasan calon haji (calhaj) di Islamic Center Kotaagung. Namun tetap akan diadakan rapat lagi dengan Pemerintah Kabupaten Tanggamus.
“Apakah setuju di Islamic Center atau tidak. Sebab pelepasan oleh kepala daerah,” kata Musannip.

Ia mengaku untuk Tanggamus biasa menentukan dua lokasi pelepasan, yakni di Islamic Center Kotaagung atau di Lapangan Pekon Wayjaha, Kecamatan Pugung. Dua lokasi itu masing-masing punya alasan kuat. Namun idealnya di Islamic Center karena sudah ditunjang berbagai fasilitas.

“Keputusan akhir tetap pada Pemkab Tanggamus, apakah setujui usulan kami atau punya pilihan lain. Nanti kami mengikuti saja,” ujar Musannip.

Dia menjelaskan, calhaj asal Tanggamus terbagi dua kelompok terbang (kloter), yakni kloter 49 dan 57. Keduanya dilepas dengan waktu berbeda dan untuk kloter 57 hanya enam orang.

“Nanti untuk Kloter 57 akan ada pelepasan atau tidak, diserahkan ke pemkab keputusannya. Temasuk lokasinya,” kata Musannip.

Calhaj Tanggamus selama ibadah haji nanti tinggal di daerah Sisah. Lokasinya agak jauh dari pusat ibadah haji. Namun itu tidak masalah. Sebab akan ada bus angkutan ibadah haji. Penentuan lokasi tinggal memang tidak bisa memilih. Semua sudah ditetapkan dari Pemerintah Arab.

Ia mengaku, dari segi kesiapan untuk pelepasan, semuanya sudah siap. Perlengkapan bagi para calhaj juga sudah dibagikan semua, seperti koper, seragam, tas identitas, passport, dan lainnya. Tinggal persiapan bagi calhaj masing-masing.

“Kami imbau para calhaj persiapkan perbekalan untuk kebutuhan 40 hari selama ibadah haji. Jaga kesehatan dan istirahat yang cukup, agar tubuh dalam kondisi sehat selama ibadah haji,” terang Musannip.

Ia juga mengimbau bagi calhaj apabila mengadakan syukuran dan doa di rumah masing-masing, sebaiknya digelar sekarang ini. Jangan terlalu dekat dengan waktu pemberangkatan agar badan bisa istirahat.

Tahun ini jumlah calhaj Tanggamus totalnya 277 orang. Rinciannya 117 pria dan 160 wanita. Sedangkan Petugas Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) ada dua orang, yaitu Komandan Kodim 0424 Tanggamus Letkol (Arh) Anang Hasto Utomo dan Asisten I Bupati Tanggamus, Paksi Marga. (ayp)