. . .

Pelayanan Kesehatan Gratis Warga Tidak Mampu di Lamtim, Tunjukan KK dan KTP

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, SEKAMPUNG UDIK – Bupati Lampung Timur Memberi Sambutan dalam Acara Sosialisasi Pelayanan Kesehatan dan Ambulans Gratis Kecamatan Waway Karya, Marga Tiga, Sekampung Udik, Marga Sekampung, Jabung di Balai Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Kamis (12/09/2019).

Hadir pula mendampingi Zaiful, Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Lampung Timur, Mart Aziz, Camat Waway Karya, Rotiban, Camat Marga Tiga, Sadarudin, Camat Sekampung Udik, Edy Susilo, Camat Marga Sekampung, Irawan MJ, Camat Jabung, Hendri Gunawan, para Kepala UPTD puskesmas yang menerima bantuan dan para Kepala Desa di Kecamatan Sekampung Udik.

Dalam wawancara singkatnya, Zaiful menyampaikan program ini sasarannya adalah masyarakat yang tidak memiliki BPJS dan KIS.

“Terhitung dari 1 September di APBD perubahan sampai dengan Desember untuk mengcover warga masyarakat kita di Lampung Timur yang tidak ada BPJS dan KIS, insyaallah di Dinas Kesehatan sudah kita anggarkan cukup dan sudah kita hitung dan di RSUD Sukadana juga sudah seperti itu”.

Adapun jenis layanan yang didapatkan dari program ini pengobatan dasar di puskesmas dan puskesmas pembantu, pelayanan rawat inap, layanan ambulance di puskesmas, layanan gawat darurat di RSUD Sukadana, dan rawat inap kelas III di RSUD Sukadana.

Sementara syarat-syarat yang diperlukan ialah membawa dan menunjukkan kartu keluarga dan KTP beserta fotokopinya, mengisi surat-surat pernyataan, membawa surat rujukan dari puskesmas khusus layanan spesialistik di RSUD Sukadana, serta menunjukkan surat keterangan tidak mampu untuk rawat inap kelas III di RSUD Sukadana.

Lebih lanjut orang nomor satu di Lampung Timur tersebut mengatakan telah menganggarkan 20 unit pembelian kendaraan di APBD perubahan dan 5 unit dari bantuan pemerintah pusat.

“Kita juga sudah menganggarkan di APBD perubahan pembelian kendaraan 20 unit dari APBD dan 5 unit dari bantuan dari pemerintah pusat jadi 25 unit dan ini di tempatkan di masing-masing UPTD kesehatan untuk memberikan pelayanan kepada warga kita secara gratis”.

Pada kesempatan yang sama pula, Zaiful berharap kedepan memberikan layanan yang prima dan fokus membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Kita coba kedepan betul-betul memberikan layanan yang prima kepada warga masyarakat kita, supaya terkait dengan obat dan pelayanan insyaallah kita akan betul-betul fokus untuk membantu warga kita yang membutuhkan”.

Untuk diketahui dalam kesempatan tersebut diberikan pula pusling roda empat dan pusling roda 2 untuk beberapa puskesmas. Puskesmas penerima pusling roda empat yaitu puskesmas Tanjung Harapan dan puskesmas Donomulyo. Sedangkan penerima pusling roda dua yaitu puskesmas Sukaraja Tiga, puskesmas Adirejo, puskesmas Sribawono, dan puskesmas Sumber Rejo. (ris)

error: Content is protected !!