Pekat IB Tuding Pelaku Ilegal Loging Dibackup Aparat

0
234
views
Sisa sisa kayu jenis sonokeling yang berlokasi kawasan hutan di Desa Sukadadi kecamatan Gedong tataan belum lama ini (poto dokumen Pekat IB Pesawaran).

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN – Aktivitas Ilegal Loging di hutan kawasan Kabupaten Pesawaran saat ini semakin marak dan diduga dilakukan oleh banyak pihak yang terlibat secara sistematis terorganisir.

Para pelaku iligal loging ini melakukan aksinya di wilayah kawasan hutan di Desa Sukadadi kecamatan Gedong Tataan kabupaten Pesawaran dan pada umumnya yang berperan adalah para buruh/penebang serta para pemodal/cukong dan juga para penyedia angkutan serta adanya pengamanan usaha yang mendukung kelancaran aksi para perambah hutan ini.

Selaku ketua Organisasi Masyarakat (Ormas) Dewan Pimpina Daerah Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu ( DPD Pekat IB) Pesawaran Hendra Basir mengatakan, bahwa pihaknya mengecam keras para pelaku ilegal loging ini yang diduga kuat melibatkan oknum aparat penegak hukum.

“Dugaan kita pelaku ilegal loging ini demi melancarkan aksinya ini meminta bantuan aparat penegak hukum untuk membackupnya sehingga para perambah hutan ini bisa lancar melakukan aksinya. Namun sayang sampai saat ini belum ada tindakan yang tegas dari penegak hukum dan yang mempunyai kebijakan, “kata Herwan Basir, Jumat (8/9).

Menurut Herwan, bahwa adanya ilegal loging yang sedang marak di wilayah hutan register Pesawaran Ini diharapkan bisa menjadi PR untuk Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan Kapolres Pesawaran AKBP Syarhan dan segenap jajaran Polda Lampung agar menyelidiki masalah ini serta melakukan tindakan yang tegas kepada pihak-pihak yang melakukan penjarahan, sebab hal ini akan merusak lingkungan.

“Yang jelas dengan adanya perambah hutan ini akan mengakibatkan alam kita hancur yang dilakukan oleh segelintir orang yang mementingkan kepentingan pribadi sehingga natinya akan mengakibatkan bencana bagi masyarakat khusunya di kabupaten Pesawaran,”ucapnya.

Dirinya juga mengatakan, pihaknya ke depan ini akan melakukan kordinasi kepada seluruh Kepala Desa di kecamatan Gedong Tataan untuk menanggulangi masalah ini.

“Nanti kalau kita sudah melakukan kordinasi ke pihak Kepala Desa, pekat akan melakukan pemasangan portal di jalan yang di gunakan para perambah ini,”tegasnya.

Sampai berita ini di turunkan pihak pemerintah Pesawaran maupun pihak Polres Pesawaran belum bisa dikonfirmasi terkait masalah adanya ilegal loging yang marak di wilayah kabupaten Pesawaran ini. (ydn)