Pecinta Durian Wajib Datangi Festival Durian Tanggamus!

0
544
views
KUMPULKAN DURIAN: Para petani anggota Poktan Berkah Jaya bertugas mengumpulkan 1.100 buah durian dari Pekon Tanjungjati, Kecamatan Kotaagung Timur untuk Festival Durian Tanggamus hari ini.

TRANSLAMPUNG, KOTAAGUNG TIMUR – Hari ini (6/7), Dinas Pariwisata Tanggamus menghelat Festival Durian Tanggamus di lokasi wisata Air Terjun Waylalaan, Kecamatan Kotaagung Timur. Sedikitnya 1.000 buah bernama ilmiah Durio zibethinus itu akan didatangkan dalam festival. Dengan karcis masuk Rp10 ribu/orang, masyarakat Tanggamus bisa menikmati lezatnya buah yang klasifikasi ilmiahnya masuk dalam Ordo Malvales.‎

Kepala Dinas Pariwisata Tanggamus Retno Noviana Damayanti mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat dengan beberapa dinas yang mendukung festival ini. Kesimpulannya, bahwa pelaksanaan Festival Durian Tanggamus dilaksanakan hari ini (6/7).

“Memang jadwal pelaksanaan yang final ini, lebih cepat dari yang direncanakan sebelumnya, yakni Selasa (11/7),” ujar Retno, kemarin (5/7).

Saat ini, kata dia, semua persiapan untuk pelaksanaan festival tersebut semua telah fixed. Termasuk pengadaan 1.000 buah durian yang telah dipesan untuk festival. Kini tinggal melengkapi beberapa kekurangan, antara lain pengaturan tempat pelaksanaan dan lokasi parkir untuk motor dan mobil. ‎

“Sudah hampir siap semua. Durian untuk festival sudah disiapkan, yakni sebanyak 1.000 buah untuk bazar buah durian. Ini berkat bantuan dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura yang mengondisikan kepada setiap UPT Pertanian di seluruh kecamatan di Tanggamus untuk mengumpulkan buah durian dari wilayah kerjanya masing-masing,” jelas Retno.

Mantan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Tanggamus itu juga menuturkan, dalam festival durian selain diisi dengan bazar buah durian, juga akan dirangkai dengan empat mata perlombaan yang berkaitan dengan buah durian serta destinasi wisata Air Terjun Waylalaan.

“Selain makan durian gratis, nantinya juga akan diadakan berbagai cabang lomba. Yaitu lomba keunggulan buah durian, lomba olahan makanan dari durian, lomba makan durian dalam group, dan lomba selfie serta wefie. Dan itu siapa saja boleh ikut memeriahkan atau dibuka untuk umum,” papar Retno.

Dengan dhelatnya Festival Durian Tanggamus, Dinas Pariwisata berharap, masyarakat Tanggamus dapat ikut berpastisipasi dalam acara itu. Terutama bagi para petani durian yang ada di wilayah setempat untuk memperlihatkan durian kebanggaan mereka masing-masing.

“Tujuan kami mengadakan festival durian, selain untuk mempromosikan tempat wisata di kabupaten ini terutama Waylalaan, juga agar kita tahu berapa banyak jenis dan rasa serta nama durian di Tanggamus. Karena selama ini di tempat kita ini sudah cukup terkenal sebagai daerah penghasil durian. Namun kita tidak tahu berbagai jenisnya, dan olahan makanan apa saja yang cocok dipadukan dengan buah durian itu sendiri,” ungkapnya.

Untuk memeriahkan acara itu, lanjut Retno, hari ini juga akan digelar bazar buah komoditi lainya yang ada di Kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama ini, dan dengan biaya yang cukup murah bagi seluruh masyarakat yang ingin ikut dalam festival tersebut.

“Hanya dengan karcis masuk ke lokasi Rp10 ribu/orang, masyarakat sudah bisa ikut makan buah durian gratis dan sekaligus menyaksikan rangkaian perlombaan yang kami gelar, serta bisa berwisata sekaligus belajar dan mengetahui berbagai jenis buah-buahan dan hasil olahannya yang ada di masyarakat Kabupaten Tanggamus,” terangnya.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pariwisata itu menegaskan, gelaran Festival Durian Tanggamus itu terselenggara atas partisifasi dinas-dinas yang ada di pemkab setempat.

“Acara ini sumber dananya bukan dari APBD, tapi dari hasil kerja sama dari seluruh dinas serta dukungan dari berbagai pihak, yang cukup antusias dengan diadakannya festival buah durian ini,” tandas Retno. (ayp)