Pasca Banjir, Pringsewu Segera Berbenah

0
721
views

TRANSLAMPUNG.COM, Pringsewu-Pasca banjir Pringsewu membuat Pringsewu harus lebih cepat berbenah, banyaknya kerugian yang dialami oleh warga yang terkena banjir.

Pj. Bupati Pringsewu Yuda Setiawan mengatakan, Pemkab Pringsewu mulai bergerak untuk membantu warga dalam bidang pertanian hingga perikanan.

Yuda mengatakan, Banjir ini memang tidak bisa dihindari, salah satunya Pemkab Pringsewu yang terkena bencana banjir, dan menjadi pekerjaan rumah.

Yuda menambahkan, Pemkab Pringsewu beserta dinas terkait harus bergerak cepat untuk membantu korban banjir dengan memberikan bantuan melalui BPBD.

Selain itu, menurutnya, masalah pertanian Pemkab Pringsewu bekerja sama dengan Dinas Pertanian dengan memberi bantuan beras dan bibit padi, bagi peternak ikan yang ikanya gagal panen karena terbawa oleh arus banjir, Pemkab Pringsewu melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan bibit ikan.

“Memang anggaran untuk bencana di BPBD hanya Rp700 juta, anggaran yang cukup kecil untuk bantuan bencana, tetapi kita tidak habis akal kita punya pembantu pemkab yaitu dinas-dinas sehingga kita bisa mengunakan apa yang di butuhkan masyarakat untuk membantu korban paska banjir,” jelasnya, Selasa (28/2) di Aula Pekon Podosari.

Mengenai tanggul dan drainase yang rusak, Pemkab Pringsewu akan melakukan pendataan berapa daerah tanggul dan drainase yang rusak, agar bisa cepat memperbaikinya, dan untuk kawasan di sekitar sungai. Pemkab akan segera berbenah agar banjir yang akan datang tidak terulang lagi.

“Untuk saat ini kerugian warga saat ini lagi di data, belum bisa diketahui pasti berapa angka kerugian di pasca banjir ini, banyak petani yang pasti gagal, peternak ikan gagal panen, dan barang rusak yang lainnya. Untuk masalah penyakit paska banjir, di catatan kita tidak penyakit yang berbahaya tapi untuk gatal-gatal kulit dan perut kembung bisa kita atasi dengan beberapa rumah sakit yang di bawah dinas kesehatan,” ujarnya.(r5)