. . .

Parpol Cuek, APK “Dibersihkan” Bawaslu Tanggamus

image_print
“BERSIHKAN” APK: Pada masa tenang, APK yang masih terpasang di tepi Jalinbar Kabupaten Tanggamus “dibersihkan” oleh Bawaslu setempat. (Foto: AYP)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Memasuki masa tenang, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Tanggamus menertibkan sejumlah alat peraga kampanye (APK) Pilpres dan Pileg 2019. Selain di bilangan ruas protokol Jalan Lintas Barat, APK yang terpasang di tepi jalan pekon pun tak luput dari penyisiran petugas Bawaslu.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Tanggamus Koordinator Divisi SDM, Ali Ngafan mengatakan, masa tenang Pemilu terhitung sejak Minggu (14/4) sampai H-1 pemungutan suara. Dalam masa tenang, selain APK, peserta pemilu maupun tim sukses dari calon, dilarang melaku

kan segala jenis kampanye. Hal tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

“Dalam masa tenang tidak boleh ada APK di tepi jalan atau yang terlihat oleh publik. Kami sudah sampaikan kepada parpol mengenai hal ini. Tapi hingga masa tenang, ternyata masih ada APK. Jadi harus ditertibkan,” kata Ali Ngafan, Senin (15/4).

Dalam penertiban APK, kata dia, dilakukan serentak di seluruh kecamatan dengan melibatkan petugas KPU di tingkat paling bawah.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tanggamus dalam menertibkan APK ini,” ujarnya mewakili Ketua Bawaslu Kabupaten Tanggamus Dedi Fernando.

Diakui Ali Ngafan, bahwa APK yang ditertibkan sebagian besar kondisinya sudah rusak. Bahkan cenderung mengganggu pengguna jalan saat APK roboh dan menghalangi sebagian badan jalan.

“Untuk sementara APK hasil penertiban dititipkan dulu di sekretariat panwascam,” ujarnya.

Sementara, Anggota Panwascam Gisting Edi mengatakan, seluruh APK, bendera partai dan lainnya diturunkan. Fokus utama hari kedua masa tenang adalah APK yang ada di Pasar Gisting dan sepanjang Jalinbar. (ayp)

error: Content is protected !!