. . .

Parosil : Tegaskan Peruntukan DD Utamakan Kebutuhan Langsung Masyarakat

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, LAMBAR – Bupati Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Hi. Parosil Mabsus, hirup aspirasi masyarakat Kecamatan Balik Bukit, melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan yang dihelat di Aula Pertemuan Pekon Sukarami (APPS)

Musrenbang merupakan proses pengambilan keputusan dengan memperhatikan atau mengakomodasi aspirasi masyarakat yang berkembang secara dinamis.

Parosil, menuturkan, Musrenbang ini dapat membantu mewujudkan Visi dan Misi untuk mencapai Lambar Hebat dan Sejahtera.
Yakni dengan memperhatikan aspirasi masyarakat Lambar khususnya.

Pihaknya menegaskan, peruntukan Dana Desa (DD) yang diterapkan Pemerintah pusat untuk Pekon, Peratin terlebih dulu merumuskan item-item dengan tingkat kebutuhan. Seperti prioritas dalam musyawarah seyogyanya, menyangkut kebutuhan langsung.

Selain itu, menurutnya, Pemkab Lambar berkomitmen membangun kesejahteraan masyarakat, melalui Musrenbang sebagai wadah menyelaraskan, memyeimbangkan, mensinergikan, “dan juga mengintegrasikan program dari tingkat Pekon sampai nasional, agar terwujud komitmen tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, menjelang berakhirnya agenda Musrenbang, mantan anggota DPRD Lambar tiga periode tersebut (Parosil Mabsus) menyerahkan sertifikat tanah program PTSL kepada masyarakat Kecamatan Balik Bukit secara simbolis.

Menurut dia, Program PTSL, selain mampu menggerakkan perekonomian masyarakat, juga meminimalisasi konflik pertanahan yang sering terjadi selama ini dikarenakan semua bidang tanah akan terdaftar dan terpetakan dengan rapi.

Pembagian sertifikat ini berfungsi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dia menilai, sertifikat ini sebagai kepastian hukum bukti kepemilikan hukum secara sah, proses pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua objek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan didalam suatu wilayah Pekon.

“Atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu,” tutupnya. (Sf)

error: Content is protected !!