. . .

Parosil, Pilpra Diharapkan Mampu Membawa Perubahan Pekon Lebih Baik Lagi

image_print

TRANSLAMPUNG, COM. LAMBAR – Pemilihan Peratin (Pilpra) serentak di 11 Pekon Kabupaten Lampung Barat (Lambar) diharapakn mampu membawa perubahan lebih baik lagi sebagai wadah untuk meneruskan pembangunan melalui Anggaran Dana Desa (ADD).

Pelaksanaan Pilpra serentak di Lambar tahun 2018 yang digelar hari ini, Rabu (5/12) sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 tahun 2015 tentang Pemerintahan Pekon terdapat 131 Pekon.

Dimana pada tahun 2016 telah dilaksanakan Pemilih Peratin (Pilpratin) serentak di 60 Pekon, kemudian tahun 2017 juga 60 pekon. Pilratin serentak gelombang ketiga di 11 Pekon.

Bupati Lambar, Hi. Parosil Mabsus, saat melakukan peninjauan Pilpra di Pekon Way Petai dan Pekon Suka jaya Kecamatan Sumber jaya serta Pekon Tanjung Raya Kecamatan Way Tenong, menuturkan, pelaksanaan pemilihan Peratin sangat menentukan pelaksanaan pembangunan untuk lima tahun yang akan datang di masing-masing pekon.

Dimana pada pemilihan peratin ini akan lahir melahirkan pemimpin Pekon, yang diharapkan akan membawa perubahan menuju kebaikan terutama di pekon yang dipimpinnya.

Menurutnya, siapapun yang terpilih harus mampu merangkul seluruh elemen sehingga dapat bekerjasama untuk membangun pekon serta yang tidak menang dalam pemilihan dapat menerima karena itu merupakan bagian dari demokrasi.

Selain itu, Pak Cik sapaan akrab Parosil, mengharapkan agar seluruh pihak menjaga kondusifitas sampai tahapan selesai dan semua masyarakat selaku pemilik hak dapat menggunakan hak pilih tersebut dengan baik dan benar, jangan sampai pesta demokrasi ini dapat merenggangkan persaudaraan, persatuan dan kesatuan.

Pihaknya mengucapkan terima kasih serta apresiasi tinggi kepada seluruh pihak khususnya TNI dan Polri serta seluruh elemen lain yang ikut serta dalam penyelenggaraan Pilratin tersebut.

Tahun ini ada 11 Pekon di Lambar yang menggelar pilratin dengan jumlah calon peratin 38 orang.

Kecamatan Balik Bukit empat catin dengan jumlah mata pilih 1.553 suara, Kecamatan Sumberjaya terdiri dari Pekon Sukajaya lima catin dengan jumlah 1826 mata pilih, Pekon Way petai lima catin dengan 3.744 mata pilih, kemudian Kecamatan Belalau meliputi Pekon Kenali lima catin dengan 1.651 mata pilih dan Pekon Bedudu tiga catin yang akan memperebutkan 1.008 suara, serta Pekon Tanjungraya Kecamatan Way tenong dua catin dengan 1.313 mata pilih.

Selanjutnya, Pekon Negeriratu Kecamatan Batubrak terdiri dari empat catin dengan jumlah mata pilih 678 suara, sedangkan Kecamatan Pagardewa terdiri dari Pekon Basungan dua catin dengan jumlah mata pilih 1.416 suara, dan Pekon Sidomulyo dua catin akam memperebutkan jumlah mata pilih sebanyak 3.181 suara.

“Dan Pekon Atar Bawang Kecamatan Batu Ketulis dua catin dengan jumlah mata pilih 752 suara, serta terakhir Pekon Srimulyo Kecamatan Bandar Negeri Suoh dengan jumlah catin lima orang akan akan memperebutkan 1.112 suara, dari 11 pekon tersebut dengab jumlah mata pilih sebanyak 18.234 suara dengan 12 TPS,” tutupnya. (safri)