Warning: mysqli_real_connect(): Headers and client library minor version mismatch. Headers:50559 Library:100131 in /var/www/vhosts/translampung.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1531 Para narasumber dalam dialog kebangsaan menyampaikan jawaban-jawaban atas pertanyaan para peserta. -
Para narasumber dalam dialog kebangsaan menyampaikan jawaban-jawaban atas pertanyaan para peserta.

 

Komitmen Jaga NKRI!

TRANSLAMPUNG.COM- BEKRI – Pemkab Lampung Tengah (Lamteng) bekerja sama dengan, GP Ansor, TNI dan Polri melaksanakan dialog kebangsaan dengan tema “Mempererat Tali Persaudaraan dan Kesatuan Menuju Lampung Tengah Yang Maju, Damai, Harmonis, Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Kegiatan dialog kebangsaan yang berlangsung di kantor Kecamatan Bekri, Selasa (28/02) itu, diisi pemateri yang berasal dari Bendahara GP Ansor Lampung, Aminuddin, Kasubsektor Bumi Ratu Nuban Iptu Sumardi mewakili Kapolres Lamteng, Kepala Kesbangpol Lamteng Heriyanto dan Danramil Gunungsugih, Kapten Beny Y.

Aminuddin dalam materinya mengatakan bahwa yang dikatakan pemuda ialah seseorang yang umurnya masih di bawah 40 tahun. Salah satu tanggung jawab seorang pemuda adalah untuk menjaga keutuhan NKRI, tugas tersebut bukanlah tanggung jawab dari segelintir orang saja, tetapi itu adalah tanggung jawab dari semua pemuda di Indonesia.

“Semua pemuda di Indonesia memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjaga keutuhan Indonesia, tidak memandang Suku, Agama ataupun Ras dari seseorang. Untuk itu, GP Anshor mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, agar tercipta suasana aman, nyaman, damai dan harmonis,” ujar Aminuddin.

Aminuddin menambahkan bahwa beberapa peran dari seorang pemuda ialah pertama mengikuti jenjang pendiaikan, kedua berfikir sistematis, ketia mampu mengamati pesan yang tersirat dan menganalisa serta dapat mengimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

”Sehingga seorang pemuda dapat mengimplementasikan semua ilmu yang diperoleh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Iptu Sumardi dalam kesempatan itu mengajak masyarakat dapat memilah informasi yang bersifat valid. Jangan sampai menelan informasi yang hanya hoax (tidak benar) karena berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan di Indonesia.

“Di Kabupaten Lampung Tengah pernah ada informasi yang tidak benar tersebar di tengah masyarakat atau sekarang ini biasa disebuat informasi hoak, sehingga menyebabkan pembakaran rumah oleh kelompok masyarakat terhadap kelompok lain. Oleh karena itu masyarakat harus peka dan teliti terhadap informasi-informasi yang diperoleh,” ungkapnya.

Sementara itu Kapten Beny Y menambahkan bahwa tugas dari TNI  adalah menjaga wilayah teretorial tanah air dan juga bertanggung jawab dalam hal pertahahanan keamanan. Untuk  itu ia meminta kepada semua lapisan masyarakat untuk dapat berperan aktif dengan memberikan informasi terkait gangguan keamanan dan ketertiban yang timbul.

‘’Tugas tni adalah menjaga daerah teritorial dan bertanggung jawab dalam hal pertahanan keamanan indonesia. Untuk itu, diharapkan peran serta dari masyarakat, dapat melaporkan kondisi daerah di lingkungannya. Untuk itu para banser harus bersinergi dengan Babinsa yang ada di masing-masing kampung,” ucapnya.

Heriyanto, Kepala Kesbangpol Lamteng mengajak seluruh masyarakat berkomitmen menjaga keamanan dan keutuhan NKRI, dengan cara melaksanakan kegiatan yang positif. ‘’Sebagai  pemerintah daerah, kami mengajak dan mendorong masyarakat agar dapat menjaga keamanan di daerahnya masing-masing dan menjaga keutuhan NKRI, sehingga kehidupan dan roda perekonomian akan berjalan dengan baik,” ucapnya. (rls/rid)

News Reporter