Pantau Ronda, Bupati Naik Klotok

Semalam, Sambangi Delapan Kampung

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARSURABAYA – Blusukan Bupati Lampung Tengah Mustafa memantau aktivitas ronda di kampung-kampung berlanjut. Jumat (3/3) malam, kepala daerah yang kerap dijuluki “Bupati Ronda” ini menyambangi Kecamatan Bandarsurabaya.

Sebanyak delapan kampung disambangi Mustafa dalam waktu semalam. Pemantauan Radar Lamteng yang ikut dalam rombongan Bupati, ronda dimulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 01.30 WIB. Kampung pertama yang disambangi, yakni Kampung Cabang. Kampung ini berada di ujung timur Kecamatan Bandarsurabaya sekaligus ujung timur Kabupaten Lamteng.

Kampung Cabang dilintasi sungai yang cukup besar. Yakni tempat bertemunya air sungai Way Seputih dengan sungai Way Bungur. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan. Rumah warganya banyak yang berderet di sepanjang aliran sungai. Sehingga moda transportasinya menggunakan perahu kayu yang digerakkan dengan mesin disel atau masyarakatnya menyebut dengan nama klotok.

Ketika memantau ronda di kampung ini, Bupati berkeliling kampung dengan klotok. Satu per satu pos ronda disambangi oleh orang nomor satu di Lamteng tersebut. Tidak hanya itu, Bupati juga menyapa beberapa warga yang rumahnya berada di bibir sungai.

Saat menyambangi pos ronda, Mustafa mendapat suguhan makanan khas laut dari warga setempat. Seperti kepiting, rajungan, dan udang lobster. Sekira satu jam lebih Mustafa memantau ronda dan menyusuri sungai dengan klotok.

Setelah dari Kampung Cabang, Bupati melanjutkan pemantauannya di Kampung Sidodadi, Kampung Sumberagung, Kampung Beringinjaya, Kampung Surabayabaru, Kampung Surabayailir, Kampung Subangjaya dan berakhir di Kampung Gayabaru V.

Dari 10 kampung di Kecamatan Bandarsurabaya, hanya dua kampung yang.tidak disambangi Bupati, karena keterbatasan waktu. Yakni Kampung Rajawali dan Kampung Cempakaputih.

Sepanjang memantau ronda dari Kampung Cabang, Mustafa mengendarai sendiri sepeda motor bebek jenis Vega ZR milik salah seorang warga. Sekitar tiga jam memantau ronda, ada puluhan pos yang disambangi.

Bahkan, ketika melintasi Kampung Sidodadi, Mustafa bersilaturahmi di rumah warga yang tengah hajatan. Warga pun kaget tidak menyangka akan didatangi pejabat tertinggi di Pemkab Lamteng ini.

Selanjutnya, ketika mendatangi setiap pos ronda, Mustafa menyampaikan tentang pentingnya melakukan ronda. Diantaranya menjaga keamanan di kampung dan menjalin silaturahmi antarwarga.

“Bapak-bapak, kita kan mau daerah kita aman kan?,” tanya Mustafa di beberapa pos ronda. “Iya Pak, Bupati,” jawab warga yang sedang ronda serempak.

“Kalau mau aman, ayo secara konsisten sesuai jadwal melakukan ronda. Jangan malas-malasan. Karena jika kampung kita aman yang merasakan nyaman adalah kita sendiri,” pesan Bupati kepada warga.

Menurut Bupati, keamanan adalah kunci dari kesejahteraan warga. Dengan ronda, kata dia, diharapkan gangguan keamanan akan hilang. Mustafa menambahkan, pemantauan ronda dengan mendatangi pos-pos ronda yang ada di kampung, untuk memastikan aktivitas ronda hidup atau tidak.

“Saya enggak mau menerima laporan saja bahwa di kampung ronda berjalan. Untuk itu saya datangi langsung pos-pos ronda yang ada di Lampung Tengah,” pungkasnya.

Ronda berakhir di Kampung Gayabaru V. Setelah itu, Mustafa berinstirahat di rumah warga setempat. Saat ronda berkeliling Bandarsurabaya ini juga diikuti oleh Direktur Radar Lamteng I Gede Putu Kristanto. Beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Lamteng pun turut mendampingi.

Diantaranya Plt. Kasatpol PP Tri Widarbo, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Rosidi, Plt Kepala Dinas Perhubungan Syukur Kersana, Plt. Kepala Dinas Perdagangan Rusmadi, Plt Kepala Kesbangpol Heryanto dan Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Endon Nariman Agus Djaja.

Selain itu tampak pula, Camat Bandarsurabaya Wahyu Suganda dan semua kepala kampung (kakam). Termasuk delapan kakam yang kampungnya didatangi Bupati. Yakni Kakam Cabang Supri, Kakam Sumberagung Efin Bakri, Kakam Sidodai Rifai, Kakam Beringinjaya Suparwoto, Kakam Subangjaya Ghafur, Kakam Gayabaru V Suparno, Kakam Surabayailir, Usman dan Sabar Santoso Kakam Surabayabaru.

Kegiatan Bupati di Bandarsurabaya berlanjut hingga Sabtu (4/3). Pagi pukul 07.30 WIB, Mustafa meresmikan pasar Kampung Gayabaru V. Kemudian dilanjutkan senam ronda di lapangan kampung setempat yang diikuti hampir seribu orang dan berakhir sekitar pukul 11.00 WIB. (adv)

News Reporter