. . .

Pansus DPRD Nilai Kinerja Dishub Tidak Maksimal

image_print

Terkait Penanganan Retribusi Parkir Sari Ringgung 

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN -Kinerja dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pesawaran dalam pengelola retribusi parkir di kabupaten pesawaran dinilai kurang maksimal sehingga kurang meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sektor parkir di Kabupaten Pesawaran.

Kurang maskimalnya kinerja dari pihak Dishub dalam mengkelola retsibusi bidang parkir ini di ungkapkan oleh ketua pansus DPRD Pesawaran Hipni Idris. Pasalnya dalam sidak yang di laksanakan oleh pihak Pansus di Pantai Sari Ringgung Desa Sidodadi Kecamatan Teluk Pandan kabupaten setempat yang di lakukan belum lama ini telah menemukan ketidak becusan pihak Dishub Pesawaran dalam pengelolaan dalam penagihan retribusi parkir di lokasi ini.

“Selama inikan sudah di tetapkan untuk retribusi parkir di Pantai Sari Ringgung ini ditetapkan sebesar Rp 21 Juta pertahun  tapi selama ini tidak pernah masuk pembayaranya di Badan Pendapatan Daerah (Bapemda) Pesawaran,” kata Hipni Idris Saat di hubungi, Jumat( 26/10/2018).

Hipni Idris menjelaskan berdasarkan hasil sidak yang di lakukan oleh tim pansus di lokasi ini bahwa pihak pengelola Sari Ringgung ini sudah siap untuk melakukan pembayaran retribusi parkir, namun pihak pengelola kebingungan karna selam ini tidak ada penagihan atau kwitansi pembayaran dari pihak Dishub Pesawaran.

“Nah,apa kerjanya Dishub Pesawaran ini, masa untuk melakukan penagihan saja tidak becus pantas saja PAD dari sektor parkir di Pesawaran saat ini kurang maksimal ,”ucapnya.

Lebih lanjut politisi PDIP Pesawaran ini mejelaskan bahwa dari hasil sidak yang di lakukan pihak tim Pansus DPRD Pesawaran akan melakukan pemanggilan kepada pihak Dishub Pesawaran untuk mempertanyakan apa kendala selama ini yang terjadi.

“Ya,dalam waktu dekat ini kita akan melakukan pemanggilan kepada pihak Dishub Pesawaran dan berharap agar kinerja dari dinas ini di tingkatkan demi kemajuan Kabupaten Pesawaran ini”,tegas Hipni.

Sementara itu pihak Pengelola Sari Ringgung Ari, Selaku manager mengatakan bahwa pihaknya selalu melakukan pembayaran pajak retribusi parkir di setiap tahunya dengan mentransper ke Bank Lampung sejak tahun 2014-2017 ini. Sedangkan untuk tahun 2018 ini memang pihaknya belum membayar pajak retribusi parkir karna kami masih menunggu penagihan dari pihak Dishub Pesawaran berapa jumlah yang harus dibayarkan.

“Kita bangun komunikasi semenjak kepemimpinan kadis yang lama ,setelah adanya permasalahan di Dishub kemarin kami putus komunikasi. Jadi bukannya kami tidak mau bayar untuk tahun 2018 ini tapi pihak Dishub saat tidak pernah memberikan kwitansi pembayaran retribuasi ini ,”jelasnya.

Intinya lanjut Ari pihak Sari Ringgung siap membayar berapapun retribusi yang sudah ditetapkan pihaknya akan membayar kapanpun tapi ada kejelasan , jadi saat pihaknya masih menunggu rincian yang jelas dari Dishub.

“Saya juga sudah komunikasi dengan Kadishub pak Afdal dan saran beliau untuk komunikasi dengan bendahara Dishub tapikan kita juga harus ada bukti dan aturan jelas berapa yang harus kami bayar sesuai dengan di lapangan.Yang jelas kapan pun kalau ada bukti penagihan itu pihak Sari Ringgung siapa membayar kapanpun ,”tegasnya.

Sementara itu selaku Kepala Dishub Kabupaten Pesawaran Afdal belum bisa dikonfirmasi meskipun sudah beberapa kali mengkonfirmasi melalui sambungan telpon Kadishub di nomor 0811724XXX tetap saja tidak di indahkan. (ydn)