. . .

Pansus DPRD Minta Pemkab Segera Kembalikan Temuan BPK

image_print

Foto: AYP

SAMPAIKAN SARAN: Ketua Pansus Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2017 DPRD Tanggamus Pahlawan Usman, dalam laporan dan sarannya meminta pemkab segera menindaklanjuti temuan BPK dalam LHP Tahun 2017.

 

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Laporan Panitia Khusus Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2017 telah diparipurnakan oleh DPRD Tanggamus, Jumat (27/7) sore.

Dalam paripurna yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Tanggamus Rusli Shoheh itu, diketahui terdapat selisih anggaran dengan realisasi. Rinciannya, pendapatan setelah perubahan Rp1,644 Triliun, terealisasi Rp1,565 Triliun sehingga terdapat selisih lebih Rp78,927 miliar. Rincian tersebut disampaikan Ketua Pansus Pahlawan Usman.

Dalam laporannya, ketua pansus juga menyampaikan, bahwa APBD tahun 2017  terdiri atas pendapatan Rp1,565 Triliun, belanja Rp1,218 Triliun. Dari komposisi itu terdapat surplus Rp18,835 miliar. Lalu pembiayaan terdiri dari penerimaan sebesar Rp5,293 miliar dan pengeluaran Rp7,876 miliar sehingga terdapat defisit Rp2,582 miliar.

“Lalu selisih anggaran dengan realisasi belanja sejumlah Rp94,701 miliar. Dengan rincian anggaran belanja Rp1,312 Triliun dan terealisasi Rp1,218 Triliun,” beber Pahlawan Usman.

Dalam kesempatan itu, pansus memberikan sejumlah saran pada Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Di antaranya OPD dapat meningkatkan PAD dari sektor pariwisata dan pengelolaan aset dan pariwisata kepada pihak ketiga. Kemudian bupati diharapkan untuk lebih meningkatkan kinerja kecamatan, khususnya Kecamatan Kotaagung terkait pengelolaan sampah.

“Lalu terkait adanya temuan BPK yang tertuang dalam LHP tahun 2017, sekiranya bupati memerintahkan pengawas internal, dalam hal ini Inspektorat, untuk segera menindaklanjuti hal tersebut. Baik yang terkait administrasi maupun yang sifatnya pengembalian, sebelum batas waktu berakhir sesuai undang-undang,” pinta Pahlawan Usman mewakili pansus.

Penjabat Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, M.T. mengucapkan terimakasih atas kerjasama, evaluasi, serta sumbang saran yang konstruktif dari Legislatif (DPRD) Tanggamus. Terutama pada seluruh anggota pansus.

“Selanjutnya kepada seluruh SKPD saya minta untuk melaksanakan, menindaklanjuti sumbang saran, pendapat dan rekomendasi yang disampaikan Ketua dan Anggota Dewan, baik dalam pembahasan, pandangan fraksi, maupun panitia khusus anggaran,” instruksi Zainal pada jajaran SKPD.

Menurutnya hal itu dalam rangka perbaikan, peningkatan, dan penyempurnaan pelaksanaan tugas-tugas pemerintah dalam pembangunan, pelayanan masyarakat di masa yang akan datang.

Rapat paripurna Jumat sore itu, juga dipimpin Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos. bersama Wakil Ketua III Sunu Jatmiko, S.Sos. Dari Eksekutif, selain Pj. Bupati Tanggamus, juga hadir seluruh Kepala SKPD/OPD dan seluruh Camat, serta Pimpinan Forkopimda Tanggamus. (ayp)