Panitia Penerimaan Anggota Polri di Sumpah

0
488
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Dalam rangka mewujudkan Polri yang Profesional, modern, dan Terpercaya, Panitia Penerimaan Anggota Polri Tahun 2017 menjalani sumpah Panitia. Hal itu guna menjaga proses rekrutmen dan seleksi Penerimaan anggota Polri yang obyektif, bersih, transparan, akuntabel dan jujur.

Dipimpin langsung AS SDM Kapolri Irjen Pol Arif Sulustyanto menyampaikan, Tiap tahun animo masyarakat tinggi yang mendaftar masuk anggota Polri.

“Untuk itu ditegaskan bahwa masuk jadi anggota Polri tidak bayar,” ujar dia, saat teleconveren di ruang Poldasis Mabes Polri saat pengarahan pada SDM dan seluruh panitia penerimaan anggota Polri Polda Lampung pada Selasa (21/2) di ruang vicon.

Menurutnya ini dilakukan, agar penerimaan anggota Polri yang profesional, modern, jujur dan terpercaya dapat terwujud pelaksanaan proses penerimaan Polri SDM harus terbebas dari kolusi, korupsi, konspirasi dan nepotisme.

“Unsur paling utama Polri harus didukung SDM yang baik. Kuncinya dimulai dari hulu yakni proses rekrutmen sampai proses mutasi jabatan harus bersih, akuntabel dan profesional,” kata dia.

Proses dari mulai pendaftaran yakni tes kesehatan, tes psikologi, tes akademik, tes jasmani, tes penelusuran mental kepribadian harus bersih transparan akuntabel dan humanis.

Hindari rumor bahwa masuk polisi membayar ada pihak-pihak yang melakukan spekulasi dengan mengeruk keuntungan pribadi. Seluruh wilayah agar betul-betul memberikan pengawasan pada rekruitmen.

Usai mendengarkan pengarahan melalui vicon Pengambilan sumpah selaku panitia penerimaan anggota Polri yang dilaksanakan untuk Polda Lampung yakni Irwasda Kombes Pol Flora Dachi, Karo SDM Kombes I Nyoman Lastika Dirnarkoba Kombes Pol Abrar Tuntalanai, Kabidpropam Kombea Pol Anton Setiyawan, Kabiddokes dr. Andri Bandarsyah, Kabidkum Kombes Yohanes Hernowo, Kabidhumas Kombes Sulistyaningsih, Kasubagdiapers Bagdalpers Kompol Haruniyati, Ombudsman RI perwakilan Lampung Alfero Septiawan dan LSM Garda Aksi selaku pengawas Eksternal Firdani Aziyan.

Adapun jadwal penerimaan dari sumber sarjana SIPSS yakni pada 25 Januari sampai dengan 28 Februari 2017 dan untuk Akpol, Bintara, Tamtama pada pertengahan Maret 2017.

Untuk SDM Polda Lampung Karo SDM Polda Lampung Kombes I Nyoman Lastika menyampaikan bahwa berbagai upaya sosialisasi sudah dilakukan melalui perguruan tinggi untuk SIPSS dan di sekolah SMA untuk Akpol, Bintara dan Tamtama.(*/jef)