Pancaroba, Dinkes Pesawaran Kordinasi dengan 12 Puskesmas

0
358
views

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN-Untuk mengantisipasi adanya perubahan iklim (Pancaroba) di Kabupaten Pesawaran pihak Dinas Kesehatan (Diskes) Pesawaran terus melakukan kordinasi dengan Puskesmas yang ada di 11 kecamatan di Bumi Andan Jejama.

Pancaroba yang terjadi saat ini yakni penggantian musim panas kemusim hujan sehingga di khawatirlan musim hujan akan berdapak timbulnya serangan nyamuk aedes aegypti sebagai vektor penularan Deman Berdarah Dengue (DBD).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pesawaran M. Harun Tri Djoko mengatakan saat ini pihaknya terus melakuka pencegahan dengan melaksanakan gerakan 3M plus Mengubur, Menguras, Menutup, Dan menabur bubuk Abate ke tempat penampung air.

“Gerakan yang kita lakukan ini bertujuan mencegah perkembang biakan nyamuk aedes aegypti sebagai vektor penularan DBD,” kata Harun saat di hubungi Rabu (8/2).

Selain itu lanjutnya pihaknya sering melakukan kordinasi keseluruh Puskesmas yang ada ditiap kecamatan untuk menghalau adanya serangan virus yang menyebapkan penyakit DBD.

“Di Kabupaten Pesawaran ini ada 12 Puskesmas tersebar di 11 kecamatan yang ada jadi kita tentunya siap siaga dalam melakukan pencegahan,” ucapnya.

Dan dirinya juga berharap kepada seluruh masyarakat terutama di Kabupaten Pesawaran agar melaksanakan hidup pola bersih kalaupun sudah ada gejala serangan virus DBD harap segera melapor ke pukesmas di wilayah masing-masing.

“Pihak kita akan segera turun jika ada laporab dari warga yang terserang virus tersebut lalu kita akan melakukan penagana segera dan melakukan pengasapan (fogging) di wilayah itu,” pungkasnya.(ydn)