Pairin Hadiri Pembinaan LPM

0
325
views

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Walikota Metro Achmad Pairin dan Wakil Walikota Metro Djohan menghadiri kegiatan Pembinaan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Kota Metro yang berlangsung di Balai Pertemuan Kelurahan Yosorejo Kecamatan Metro Timur (22/2) dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Ridhwan, Ketua DPD LPM Kota Metro, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Metro, Camat dan Lurah se-Kota Metro, Narasumber, serta para peserta pembinaan.

Sejarah berdirinya LPM Kepres nomor 28 tahun 1980 memposisikan Lembaga Ketahanan Desa/LKMD sebagai lembaga masyarakat di Desa atau di Kelurahan untuk mewujudkan ketahanan nasional, dengan tugas dan fungsi LPM yakni fungsi dan peranan LPM dalam rencana pembangunan di Kota Metro yang dikenal dengan adanya Pramusbang Kelurahan dalam hal ini LPM berperan aktif dalam menggerakan masyarakat, tokoh masyarakat serta pamong setempat agar berperan aktif dalam musyawarah.

Fungsi dan peranan LPM dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Metro yang dikenal dengan adanya Kelompok Masyarakat (POKMAS) yang bertugas melaksanakan kegiatan atau pekerjaan di wilayahnya masing-masing sesuai tugas dan tanggungjawab, dan Fungsi dan peranan LPM dalam pengendalian pembangunan yang kali ini LPM kelurahan bertugas mencatat dan mendokumentasikan kegiatan-kegiatan, LPM kelurahan sebagai pelaksana pekerjaan dan bertugas untuk mengawasi/mengontrol pekerjaan di kelurahan masing-masing.

Walikota Metro Ahmad Pairin, yang mengucapkan rasa terimakasihnya kepada LPM di Kota Metro, yang selama ini sudah berjuang dalam perbaikan Kota Metro.”Selamat menjalankan tugas, saya bersama Wakil Walikota Metro akan berusaha selalu mendampingi acara ini selama 3 hari di daerah lain,” ujarnya.

“Sesuai dengan visi Kota Metro, saya bersama Pak Djohan telah berkomitmen bahwa, pendidikan akan gratis. Yang dimaksud, gratis bukan SPP nya saja, namun turut seragamnya juga. Kami telah menganggarkan sebesar 11,7 miliar, yang dananya sudah siap. Tolong bantu kami, saudara LPM dalam pelakasanaan di lapangan. Tanpa saudara-saudara sekalian, maka visi Kota Metro tidak akan tercapai,” ujar Walikota.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Metro, I Made Wiryana, mengatakan tujuan dari kegiatan pembinaan LPM se Kota Metro adalah terbentuknya jaringan kerja program pemberdayaan masyarakat dengan menguatkan kerjasama antar lembaga pemasyarakatan dalam rangka pengembangan pusat kemasyarakatan.

Adapun jumlah peserta pembinaan sejumlah 20 orang per kelurahan yang terdiri dari unsur-unsur pengurus inti LPM kelurahan, TP PKK kelurahan, Kader Dasawisma, Kasi Pemerintahan Kelurahan, Kasi Ekonomi & Pembangunan Kelurahan, Kasi Kesra Kelurahan. Waktu pelaksanaan pembinaan dibagi menjadi 3 gelombang yakni gelombang I tanggal 22 Februari 2017 bertempat di Balai Pertemuan Kelurahan Yosorejo Kec Metro Timur, gelombang II tanggal 23 Februari 2017 di Aula Ganjar Agung Kec Metro Barat, gelombang III di Kelurahan Purwosari Kec Metro Utara, kata I Made.(r3)