. . .

Orang Tua Layat, Anak ke Gereja, Rumah Ludes Terbakar

image_print
LUDES DILAHAP API: Seorang warga menunjukkan sisa rumah Joanter Sinaga (57) yang ludes dilahap si jago merah, Minggu (30/6) siang. (Foto: DOK POLSEK TALANGPADANG)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Joanter Sinaga (57) dan keluarga hanya bisa tertegun sepulang dari layat, Minggu (30/6) sekitar pukul 11.30 WIB. Warga Dusun 3 Tegalsari, Pekon Kutadalom, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus itu, harus merelakan rumahnya ludes dilahap si jago merah.

Kapolsek Talangpadang Iptu. Khairul Yasin Ariga, S.Kom. membenarkan peristiwa kebakaran itu. Dari hasil Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), kata dia, diduga titik api berasal dari sisa kayu bakar pada tungku masak. Kondisi rumah yang sebagian besar terbuat dari kombinasi papan dan geribik, membuat api dengan sangat cepat melahap rumah Joanter Sinaga.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa kebakaran ini. Namun semua perabot rumah berikut surat-surat penting dan seluruh pakaian satu keluarga ini ludes terbakar. Kerugian diperkirakan Rp20 juta,” jelas Khairul Yasin Ariga, mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, S.I.K., M.M.

Berdasarkan keterangan Joanter Sinaga, kapolsek menyebutkan, sekitar pukul 09.00 WIB, korban bersama istrinya pergi melayat ke Kecamatan Sumberejo. Sedangkan di rumah hanya ada anak korban.

Sebelum berangkat layat, sang istri mengaku merebus air di tungku menggunakan kayu bakar. Sejurus kemudian, anak korban juga meninggalkan rumah untuk beribadah di gereja. Sehingga api pada tungku itu lupa tidak dipadamkan. Diduga api merambat keluar tungku dan membakar seluruh bagian rumah.

“Berdasarkan pemeriksaan TKP dan keterangan korban serta saksi, dipastikan api berasal dari sisa kayu bakar selesai memasak yang tidak dipadamkan. Akibat peristiwa tersebut, saat ini korban bersama keluarganya, untuk sementara menumpang tinggal di rumah kerabat,” tandas Kapolsek Talangpadang. (ayp)

error: Content is protected !!