. . .

Optimalisasi KLHS, Sekda Tanggamus Ikuti Konsolidasi RPJMD Hasil Pilkada Serentak 2018

image_print
IKUTI KONSOLIDASI NASIONAL: Sekda Tanggamus Andi Wijaya (paling kiri) didampingi Kabid Pendanaan BAPPEDA Tanggamus Feri Septiawan (paling kanan), mewakili Kepala BAPPEDA Hendra Wijaya Mega, saat mengikuti Rapat Konsolidasi RPJMD 2019-2023 Hasil Pilkada Serentak 2018 di Jakarta, Rabu (16/5). (Foto: IST)

TRANSLAMPUNG.COM, JAKARTA – Kontestasi politik yang dikemas dalam pemilihan kepala daerah serentak 2018, mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Pusat. Sehingga pemerintah melaksanakan Rapat Konsolidasi RPJMD 2019-2023 Hasil Pilkada Serentak 2018, Rabu (16/5).

Konsolidasi yang mengusung tema Memastikan Pembangunan Berkelanjutan Melalui KLHS-RPJMD itu, dibuka langsung Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, S.H. Dia juga didampingi Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Ir. Diah Indrajati, M.Sc., serta Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Tanggamus Hendra Wijaya Mega, melalui Kepala Bidang Pendanaan Feri Septiawan mengatakan, Rapat Konsolidasi Hasil Pilkada Serentak 2018 itu, dipusatkan di Ruang Birawa Hotel Bidakara Jakarta.

Feri juga menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Tanggamus juga turut proaktif terlibat dan hadir dalam rapat skala nasional itu. Terlebih tahun ini, selain Pemilihan Gubernur Lampung, Kabupaten Tanggamus juga akan melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati.

“Saya mewakili Pak Kepala BAPPEDA berangkat ke sana, untuk mendampingi Sekretaris Daerah Tanggamus Pak Andi Wijaya,” ujar Feri.

Tujuan Rapat Konsolidasi Penyiapan RPJMD 2019-2023 Hasil Pilkada Serentak 2018, dia menerangkan, agar pemerintah daerah dapat mengetahui mekanisme dan pemanfatan KLHS dalam penyusunan RPJMD, RPJPD, serta RAD Tujuan Pembangunan Daerah.

“Karena banyaknya daerah yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2018, maka rapat itu diikuti oleh Sekretaris Daerah, BAPPEDA, dan Dinas Lingkungan Hidup yang berasal dari 171 daerah. Dengan rincian 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota,” jelas Feri.

Selain dirinya dan Sekda Tanggamus Andi Wijaya, rombongan dari Lampung juga terdiri dari Pelaksana Tugas Sekda Provinsi Lampung Hamartoni A. Hadis, Kepala BAPPEDA Lampung Taufik Hidayat, dan Sekda Lampung Utara Samsir.

“Sebab selain Provinsi Lampung yang akan pemilihan gubernur, Kabupaten Tanggamus dan Lampung Utara juga akan pemilihan bupati,” tandas Feri. (ayp)