Oknum Diskes Lamtim Sempat Tertangkap

0
425
views

Translampung.com, BANDARLAMPUNG- Saber Pungli Polda Lampung berhasil menggagalkan percobaan pungutan liar (Pungli) pada Dinas Kesehatan Lampung Timur (Lamtim).

Kapolda Lampung, Irjen Sudjarno didampingi Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Kombes Rudi membenarkan telah sempat mengamankan seseorang yang mencoba melakukan pungli. Namun, saat akan dikembangkan, orang tersebut berhasil melarikan diri.

“Iya, kami sempat mengamankan pelakunya, tapi saat akan dikembangkan untuk menangkap Kadisnya (kepala dinas kesehatan), oknum itu berhasil kabur,”ungkap Sudjarno, disela-sela pelaksanaan pasar murah di lapangan Waydadi Sukarame Bandarlampung, kemarin (13/6).

Berhasil kaburnya oknum tersebut, dikarenakan oknum itu merupakan seorang wanita, sehingga anggota tidak melakukan borgol terhadap tangannya. “Oknum itu kan wanita, anggota tidak memborgol tangannya. Pas mau dikembangkan, oknum itu kabur,”ujarnya.

Meski oknum tersebut berhasil melarikan diri, sambung Sudjarno, pihaknya berhasil mengamankan barangbukti uang senilai Rp48 juta, sehingga uang tersebut akan dikembangkan.

“Saya lupa terkait apanya. Yang pasti, ada upaya pungli dan kami mengamankan oknum yang bekerja sebagai staf di dinas kesehatan Lamtim itu,”ucapnya.

Sementara, Dirkrimsus Polda Lampung, Kombes Rudi enggan berkomentar terkait Saber pungli yang menangkap oknum Diskes Lamtim. “Nanti saja ya,”singkatnya.

Informasi yang dihimpun Radar Lamtim (Radar Lampung Group) Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Lampung melalui Saber Pungli telah mengamankan seorang wanita yang bekerja sebagai staf di Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Lampung Timur.

Kejadian tersebut terjadi pada hari sabtu (10/6). Dimana, seorang wanita yang menjadi kepercayaan Kepala Dinas Kesehatan Lamtim yang diketahui berinisial RA meminta uang kepada sejumlah Puskesmas karena mendapatkan dana bantuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Saat pegawai puskesmas memberikan dana kepada orang tersebut diwilayah Kota Bandarlampung, RA hendak pergi kerumah dr.Evi Darwati Mars selaku kepala Dinas. Namun, saat diperjalanan, Saber pungli Polda Lampung langsung menangkap oknum tersebut beserta barangbukti sekitar Rp48 juta.

Namun naas, saat akan dikembangkan dan hendak menuju kediaman kepala dinas, oknum itu berhasil melarikan diri dan Polda Lampung hanya mendapatkan barangbuktinya saja.

Dihubungi terpisah, Sekda Lamtim Syahrudin mengaku belum mengetahui kejadian tersebut. Menurutnya, selama ini memang komunikasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Lamtim tidak berjalan dengan baik. Sehingga pihaknya tidak terlalu mengerti permasalahan di internal diskes.

“Selama saya jadi sekda memang sulit komunikasi dengan beliau (kadiskes). Sampai saat ini saya sulit berkomunikasi,” jelasnya via ponsel. (rlp/bon/tnn)