Nyaleg Mahal, Satu Kursi Bisa Rp 10 Miliar

PILEG 2019

TRANSLAMPUNG.COM, JAKARTA – Di pemilihan legislatif (Pileg) 2019 mendatang para calon anggota legislatif saling berlomba-lomba untuk memperebutkan kursi di parlemen. Mereka pun rela merogoh kocek yang tidak sedikit agar bisa duduk menjadi wakil rakyat di Senayan.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hendrawan Supratikno mengatakan, pihaknya akan maju lagi di Pileg 2019 mendatang. Bahkan dia sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6 miliar sampai Rp 10 milar.

“Untuk pileg 2019 diperkirakan antara Rp 6-10 miliar,” ujar Hendrawan kepada JawaPos.com, Rabu (14/3).

Di Pileg 2014 lalu Anggota Komisi XI DPR ini mengaku menyiapkan dana sebesar Rp 3 miliar sampai Rp 5 miliar. Di tahun ini Hendrawan mengaku harus menyiapkan duit lebih, karena saat ini biaya politik seperti pembuatan baliho, spanduk dan atribut sudah semakin mahal.

“Jadi karena biaya politik sudah semakin mahal,” katanya.

Namun demikian besar atau kecilnya biaya itu tidak menjadi faktor utama. Karena menurutnya yang paling penting adalah faktor figur caleg itu dan strategi si caleg yang akan maju ke ‘Senayan’.

“Jadi kemabli lagi soal kekuatan figuritas caleg, seberapa kuat investasi sosial politik caleg, dan strategi politik setiap caleg,” ungkapnya. (gwn/JPC)

News Reporter