Nikman Karim Ketua DPRD Waykanan Gantikan Adipati

0
885
views

Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Way Kanan Dengan Acara Pengambilan Sumpah / Janji Peresmian Pengangkatan Ketua DPRD Kabupaten Way Kanan Masa Jabatan 2014-2019, dilaksanakan di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Way Kanan, Selasa (19/4).

Hadir dalam Rapat Paripurna tersebut, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya,SH,MM., Wakil Bupati Way Kanan DR. Drs. Edwar Anthony,MM., jajaran Forkopimda, Ketua KPU, Sekretaris Daerah Way Kanan, para staf ahli, para asisten, Kepala Bagian, Inspektur, Kepala Badan, Dinas, Kantor, BUMN se Way Kanan, Camat se Way Kanan, Ketua Parpol, Ormas, Organisasi Profesi, LSM se Way Kanan, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, Ketua Tim Penggerak PKK dan Darmawanita Kabupaten Way Kanan, ketua dan para anggota II A DPRD Kabupaten Way Kanan.

Dalam proses Pengambilan Sumpah / Janji Ketua Pengadilan Negeri Blambangan Umpu melantik dan mengambil sumpah Nikman Karim sebagai Ketua DPRD yang baru, menggantikan Ketua yang lama Raden Adipati Surya, yang saat ini menjadi Bupati Way Kanan.

Sebagaimana diketahui Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menegaskan bahwa DPRD merupakan Unsur Penyelenggara Pemerintahan Daerah dan sebagai wahana demokrasi dalan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Sebagai penyelenggara pemerintahab daerah, DPRD mempunyai kedudukan yang setara dan memiliki hubungan kerja yang bersifat kemitraan dengan Pemerintahan Daerah.

Dengan demikian, maka DPRD dan Pemerintah Daerah wajib memelihara dan membangun hubungan kerja yang harmonis dan harus saling mendukung tanpa mengabaikan daya kritis anggota DPRD, agar masing-masing dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya untuk terlaksananya kewajiban daerah.

Implementasi dari hubungan kerja antara DPRD dan Kepala Daerah berdasarkan pasal 207 UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Dalam kedudukannya sebagai lembaga perwakilan di Daerah, DPRD memiliki hak-hak DPRD  berupa hak implementasi, hak angket dan hak menyatakan pendapat.

Dalam sambutannya juga Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo menyampaikan harapan kepada ketua DPRD Nikman Karim, yang baru dilantik agar dapat meningkatkan koordinasi dengan lembaga eksekutif dalam melaksanakan kebijakan Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

LEAVE A REPLY