Nakhoda PAN Lampung, Zainudin Hasan Gantikan Bachtiar Basri

0
112
views
Zainudin Hasan (kedua dari kiri) saat Muswilub PAN Lampung, Minggu (17/9/2017). | foto: sari

TRANSLAMPUNG, BANDARLAMPUNG – Akhirnya, Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswilub) DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Lampung, di Hotel Swiassbel/Seven Bandarlampung, Minggu (17/9/2017), menetapkan Zainudin Hasan sebagai ketua DPW PAN Lampung, menggantikan Bachtiar Basri.

Sebelumnya, Muswilub menetapkan lima anggota formatur yaitu Zainudin Hasan (DPP PAN), Iswan Hendicaya (DPW PAN), Wahyu Lesmono, Rozali dan Tedi Kurniawan (unsur DPD PAN).

Rapat Muswilub PAN Lampung dipimpin Iswan Hendicaya, dengan agenda pemilihan Ketua DPW PAN Lampung.

Sedangkan Ketua DPW PAN Lampung, Bachtiar Basri, tidak hadir. Tidak semua kader PAN bisa masuk arena Muswilub. Hanya peserta saja yang bisa masuk.

Dalam Muswilub PAN muncul empat kader yang akan menggantikan Bachtiar Basri. Keempat kader yang sudah disiapkan yaitu Agus Bhakti Nugroho, Helmi Hasan, Irfan Nuranda Djafar dan Saad Sobari.

Ketua MPP PAN, Irfan Nuranda Djafar, mengatakan, Muswilub DPW PAN Lampung digelar guna menghadapi verifikasi partai politik jelang pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Menurut dia, Muswil PAN ini bukan hanya dilakukan di Lampung saja, melainkan juga di enam DPW, yang diminta untuk menggelar Muswilub, agar menghasilkan ketua definitif.

“Jadi begini, Muswil PAN itu bukan hanya Lampung saja, tapi ada enam provinsi, menghadapi verifikasi faktual. Dalam verifikasi itu tidak diperbolehkan adanya plt (pelaksana tugas) ketua,” katanya.

Dijelaskan Irfan, enam provinsi yang hingga saat ini memliki Plt Ketua dan diharuskan menggelar Muswil Luar Biasa itu yakni Lampung, Gorontalo, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, dan Jawa Barat, Sumatera Utara.

“Karena DPW PAN Lampung dijabat Plt, maka perintah DPP harus menggelar Muswil,” ucapnya.

Sebelumnya, terkait isu mundur, Bachtiar Basri yang kini menjabat wakil gubernur Lampung, membantah isu pengunduran dirinya sebagai Ketua DPW PAN Lampung.

“Hingga malam ini pak Bachtiar Basri belum menyatakan mengundurkan diri dari Ketua DPW PAN Lampung baik lisan maupun tertulis,” ujar juru bicara Bachtiar Basri, Abu Hasan, melalui sambungan telepon, Sabtu (16/9).

Sebagai seorang tokoh, lanjut Abu Hasan, Bachtiar Basri tetap konsisten dan akan tunduk dengan aturan partai.

Namun hingga saat ini, Bachtiar Basri belum dipanggil lagi oleh DPP PAN untuk membicarakan Pilgub Lampung. Apakah Bachtiar Basri serius maju atau tidak.

Dengan adanya surat untuk melaksanakan Muswil, lanjut Abu Hasan, Bachtiar Basri mempersoalkan surat untuk Muswil itu, karena dasar untuk Muswil tidak ada.

“Ini berkaitan dengan Pilgub Lampung, dan pak Bachtiar sebagai kader tetap konsisten. Apalagi beberapa kali ketum PAN mendukung pak Bachtiar maju, baik di nomor satu atau di nomor dua,” ungkapnya.

Sementara itu, bila memperhatikan dari status di akun facebook Bachtiar Basri, kendati tidak terarah kepada jalannya Muswilub, namun menunjukkan sikap dan jiwa besar seorang pemimpin yang arif dan bijaksana. (r2/fik)