Mutafa: Kita Harus Bangga Dengan Apa yang Kita Miliki

0
82
views
PELANTIKAN: Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa saat menghadiri pelantikan Pelantikan Ketua Tandang Anjak Pubian (TAP) dan Ketua Pubian Sai, serta Pagelaran Canggot Bakha, Rabu (29/6).

TRANSLAMPUNG.COM, LAMPUNG TENGAH – Masyarakat Lampung harus bangga dengan adat istiadat yang dimilikinya. Rasa bangga ini bisa diwujudkan dengan terus melestarikan adat istiadat dan budaya yang ada.

Hal ini diungkapkan Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa saat menghadiri pelantikan Pelantikan Ketua Tandang Anjak Pubian (TAP) dan Ketua Pubian Sai, serta Pagelaran Canggot Bakha, Rabu (29/6).

“Sebagai masyarakat Lampung, kita harus bangga dengan apa yang kita miliki. Inilah budaya kita. Inilah adat istiadat kita. Jangan takut mengenalkan dan melestarikannya. Jangan sampai kita lahir di Lampung, tinggal di Lampung tetapi sama sekali tidak mengenal budaya sendiri,” ungkap Mustafa.

Dilantik sebagai Ketua Tandang Anjak Pubian yak u Chairul, S. H.,  dan Pubian Sai ketua Hanapi. Acara dipusatkan di gedung sesat pemuka Pati Kampung Negeri Ratu, kecamatan Pubian.

Dengan dilantiknya Tandang Anjak Pubian dan Pubian Sai, diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial, serta pelestarian budaya semakin masif di Pubian, seperti canggot bakha atau kegiatan kesenian hiburan warga Pubian.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, canggot bakha menjadi salah satu kurikulum seni budaya yang ada di pendidikan di Lampung Tengah. “Kita memiliki banyak kebudayaan yang harus dilestarikan. oleh karena itu saya bangga kita bisa melaksanakan kegiatan ini,” ucap dia.

Sementara itu Ketua Pubian Sai Hanafi menjelaskan pubian sai ini adalah kegiatan sosial untuk masyarakat pubian yang tujuannya untuk mempersatukan masyarakat pubian yang ada di 20 kampung di Kecamatan Pubian.

Usai di lantik,  pihaknya akan membentuk ranting-ranting di setiap kampung di Kecamatan pubian. Sehingga nantinya dengan adanya pubian sai ini,  kecamatan pubian menjadi daerah yang semakin berkembang dengan baik, dan masyarakatnya semakin maju.

“Pubian sai ini nantinya akan terus bersinergi dengan program-program pemerintah. Kami akan memberikan pembinaan kepada  para pemuda di pubian agar dapat terus berinovasi untuk kemajuan Lampung Tengah khususnya Pubian,” tandasnya.

Senada disampaikan Ketua Tandang Anjak Pubian Chairul, S. H. Pihaknya akan terus berupaya melestarikan kebudayaan Lampung di tengah-tengah masyarakat. Tandang Anjak Pubian sendiri merupakan sebuah wadah bagi para warga Pubian yang merantau ke luar pubian yang bergerak dibidang sosial dan nantinya akan memberikan bantuan kepada masyarakat pubian yang membutuhkan.

“Seperti jika ada warga pubian kurang mampu yang meninggal, TAP ini nantinya akan memberikan santunan kematian Rp 500 ribu.  Dana tersebut berasal dari iuran para anggota secara sukarela,” pungkasnya.(*)