Mustafa Serap Aspirasi Warga

0
691
views

Ronda Bareng Kepala SKPD Lampung Tengah

 

TRANSLAMPUNG.COM, LAMPUNG TENGAH– Bukan ronda biasa. Inilah konsep keamanan yang selalu digaungkan Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa dalam menjaga keamanan di Bumi Jurai Siwo. Melalui ronda, bupati muda ini tak hanya mampu menjaga keamanan, tetapi juga untuk menyerap aspirasi warga. 

 

Seperti ronda yang berlangsung di Kecamatan Kalirejo, Sabtu, 8/9/2017 malam. Menyertakan hampir semua kepala SKPD di Lampung Tengah, Mustafa membuka kesempatan luas kepada warga setempat untuk berdiskusi dan menyampaikan aspirasi mereka. 

 

Nampak hadir Kadis Sosial, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK), Kadis Kesehatan, Kadis Pasar, Kadis Pendidikan, Kadis Pertanian, Kasatpol PP, Kadis Kominfo, Kadis Perdagangan dan sejumlah SKPD lainnya. 

 

Tak ingin melewatkan kesempatan tersebut, puluhan warga yang terdiri dari berbagai elemen menyampaikan harapan dan permasalahan di kampung masing-masing, mulai dari harapan perbaikan jalan, pembuatan tugu perbatasan, subsidi listrik, kenaikan gaji perangkat daerah dan sejumlah harapan lainnya.

 

Menanggapi berbagai keluhan dan aspirasi masyarakat, bupati ronda ini menyatakan siap menindaklanjuti dan menjadikannya sebagai catatan dalam menentukan kebijakan selanjutnya. Sengaja ia menyertakan kepala SKPD agar masing-masing satuan kerja dapat memahami langsung kondisi masyarakat di lapangan.

 

“Saya selalu ingatkan SKPD untuk tidak hanya duduk di belakang meja dan menunggu laporan. Dalam setiap kesempatan ronda, saya selalu ajak mereka untuk melihat kondisi langsung masyarakat sehingga mereka tau apa yang harus dilakukan, selain itu kebijakan yang kita buat harus sesuai sasaran,” ungkapnya. 

 

Duduk bersama, membaur dan menyerap aspirasi warga, hal ini memang menjadi salah satu ciri khas kepemimpinan Mustafa. Dengan terjun langsung, bupati bisa mengetahui langsung keluhan dan kondisi warga. “Selalu saja ada laporan dari warga, masalah-masalah yang dihadapi dan harapan mereka. Inilah manfaatnya jika kita terjun langsung, kita tau permasalahan rakyat,” imbuh dia. 

 

Usai diskusi bersama warga, mengendarai sepeda Bupati Mustafa dan para kepala SKPD melanjutkan ronda berkeliling ke kampung-kampung di kecamatan Kalirejo. Rombongan sepeda semakin mengular ketika beberapa warga secara sukarela bergabung bersama Mustafa untuk ikut ronda.(*)