. . .

Musim Kemarau, Petani di Waypanji Mampu Panen Raya.

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, WAYPANJI – Plt.Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, melakukan panen raya padi Hibrida bersama Gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Desa Balinuraga, Kecamatan Way Panji Lampung Selatan, Kamis (19/9/2019).

Menurut Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Lamsel, Noviar Akmal mengatakan kegiatan panen raya ini atas inisiatif dari kelompok tani sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas panen raya. Dimana, pada musim kemarau petani di waypaji bisa melakukan panen raya.

“Untuk kegiatan panen raya kali ini seluas 1015 ha.Sedangkan, bulan berikutnya oktober nanti sekitar 600 ha padi. Semua lahan tersebut untuk pengairan  menggunakan air sumur bor,” kata Noviar dalam sambutanya.

Kegiatan panen raya hibrida ini, dijelaskan Noviar dilaksanakan dihamparan sawah 200 ha. Setiap perhektarnya mampu menghasilkan sebnyak 7 ton padi hbrida.

“Untuk harga gabah pajang dijualRp.5100/kg. Sedangkan gabah pendek Rp.4800/kg,” ungkapnya yang juga diamini Kepala UPT Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Kuncara

Sementara itu, Plt.Bupati Nanang Ermanto mengatakan panen raya ini merupakan suatu bentuk pelajaran dalam mensyukuri hidup dan nikmat yang diberikan oleh Allah.

“Ini musim kemarau, tapi kok bisa panen?. Ini menunjukkan para petani luar biasa semangatnya,” ujar Nanang.

Oleh karena itu, ia berharap kepada para petani jangan mudah menyerah dengan setiap keadaan. Sebab dalam setiap kesulitan pasti ada jalan yang diberikan oleh Allah.

“Contohnya hari ini saja, ditengah musim kemarau para petani yang sebagian lahannya kekeringan, tapi disini (Waypanji-red) bisa panen raya. Hal tersebut didasari tekad serta kemauan yang luar biasa shingga mampu panen,” pungkasnya.(Johan)

error: Content is protected !!