Mukhlis Optimis Persiapan Rampung, Hadapi MTQ Ke-44 Tingkat Provinsi

0
356
views

KOTAAGUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Tanggamus Hi. Mukhlis Basri mengakui, menjadi tuan rumah ‎Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 Tingkat Provinsi Lampung bukanlah hal mudah. Sebab dukungan sarana dan prasarana (sarpras) serta suasana kondusif, sangatlah menentukan suksesnya even religi akbar tahunan pada 20-27 April itu. Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tanggamus pun menyatakan, secara global persiapan dan pembangunan sarpras sudah 80 persen.

“Meski bukan perkara mudah menjadi tuan rumah MTQ provinsi ini, namun kami optimistis even akbar itu dapat berlangsung sukses dan lancar. Pemkab Tanggamus akan berusaha dan berkomitmen menggunakan daya dan upaya untuk memberikan yang terbaik bagi para peserta,” ujar Mukhlis Basri optimis saat rapat koordinasi (rakor) persiapan MTQ di aula Islamic Center Kotaagung.
Bahkan optimisme itu, sebelumnya juga sudah disampaikan Sekda Tanggamus, saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) XXII Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Lampung, di Ruang Sungkai Balai Keratun Pemprov Lampung, Senin (28/3) lalu.
Mukhlis Basri melanjutkan, segala persiapan telah dilakukan. Terutama persiapan dan peningkatan infrastruktur, akomodasi dan konsumsi, serta tempat perlombaan, tempat pemondokan, hingga tempat tidur dan peralatan mandi para kafilah juga pendamping.
“Acara pembukaan maupun penutupan dan konsumsi serta alat mandi untuk para kafilah sudah disiapkan. Kemudian jarak dari pemondokan kafilah  ke arena lomba, paling dekat 10 kilometer (km) dan paling jauh 17 km. Jarak itu dapat ditempuh dalam durasi 10-20 menit,” kata Mukhlis Basri.
Masih terkait persiapan Tanggamus sebagai tuan rumah MTQ ke-44 Provinsi Lampung, Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat menyatakan, pembangunan sarpras penunjang, secara global sudah mencapai angka 80 persen.‎ Uraian dari kegiatan yang telah selesai dilaksanakan pembangunannya, antara lain perbaikan dan pengecatan carport halaman masjid Islamic Center.
“Sub kategori pengerjaan, antara lain pengecatan pagar carport, perbaikan rangka atap serta atap carport, pengecatan holo carport, dan penebangan pohon belakang carport. Lalu pembukaan dan perluasan lahan untuk parkir di belakang gedung serbaguna (GSG), dengan pengerjaan berupa pemasangan talud dan pavingblock. Perbaikan dan pengecatan taman median ruas Jalan Ir. Hi. Juanda Kotaagung. Dengan sub pengerjaan meliputi perbaikan taman dan perapihan bunga, perbaikan, dan pelangsaman aspal pangkal Jalan Mujair,” papar Kepala Dinas PU Tanggamus Riswanda Djunaedi.‎
Persiapan lainnya, yaitu pemolesan tribun dan Lapangan Merdeka Kotaagung. Mulai dari pengecatan patung Bung Lumba dan pengecatan sisi luar tribun lapangan. Kemudian ada perbaikan sarana toilet di Pantai Pihabung Kotaagung Timur. Pengerjaannya meliputi pembersihan area pantai dan perbaikan toilet tiga pintu hingga tempat wudhu. Ada juga perbaikan dan perapihan gedung aula Kodim 0424 Tanggamus. Berupa perbaikan atap serta pemasangan plafon gibsum luar dan dalam gedung aula.
Kemudian ‎pembangunan pengerasan halaman Masjid Al Islah Pasarmadang Kotaagung. Meliputi perataan serta mempercantik sisi kanan halaman dan pemasangan pavingblock sisi kanan Masjid Al Islah. Dan yang terakhir yakni rehabilitasi musala Waylalaan dan pemasangan railing pengaman tangga menuju lokasi air terjun dan tangga menuju toilet.‎
“Semua pengerjaan itu telah selesai. Tinggal beberapa item pekerjaan lagi yang dalam tahap pelaksanaan. Ditargetkan satu minggu sebelum hari H MTQ dimulai. Semua pekerjaan sudah PHO. Itu sudah menjadi target kita. Sebab pelaksanaan MTQ sendiri pada 21 April 2016 mendatang. Jadi semua harus selesai,” tegas Riswanda.
Dirinya menambahkan, yang masih dalam pelaksanaan pengerjaannya adalah perbaikan dan perapihan gedung PKK, perbaikan RTH Ir. Soekarno Kotaagung, pemasangan pavingblock area parkir RSUD Kotaagung, serta penambahan instalasi air bersih dan sanitasi di lokasi-lokasi lomba serta pemondokan, dan pembuatan denah petunjuk lokasi kegiatan selama MTQ berlangsung.
“Kita persiapkan secara matang semua sarpras penunjang MTQ, agar penyelenggaraan even akbar tersebut berjalan lancar. Sehingga jika para kafilah di waktu senggangnya hendak mengunjungi beberapa lokasi di sekitaran Kecamatan Kotaagung, kita tidak khawatir lagi. Karena semua telah kita benahi,” tandas Riswanda.(ayp)
 

LEAVE A REPLY